Tuesday, July 14, 2009

Sayangilah Hard Disk Drive (HDD) Anda - Part 3

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 14 Jun 2009 | Pada komputer media penyimpan data (data storage) yang masih umum digunakan adalah Hard Disk Drive atau lazim disingkat dengan HDD.
Sebagai tempat penyimpan tentulah data dan informasi digital lainnya yang (sangat) penting , tersimpan pada HDD. Sehingga tentulah HDD adalah sebuah aset berharga bagi anda. Namun sayangnya seringkali aset berharga ini tidak mendapatkan perlakuan yang sepadan dengan nilainya.

Sehingga seringkali HDD rusak tanpa kita sempat melakukan backup. Kerusakan mendadak biasanya menimbulkan kerugian yang cukup besar, baik kerugian waktu, tenaga, maupun biaya.
Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya:



Kedelapan:
Jangan letakkan komputer anda ditempat yang bergetar terus menerus. HDD rawan terhadap getaran kuat dan benturan, oleh karenanya hindari komputer anda dari getaran, benturan atau hantaman, dan jangan sampai terjatuh.
Getaran dapat mengacaukan gerakan jarum pembacaan, dan dapat menyebabkan jarum berayun menggores permukaan cakram.

Apabila anda termasuk orang yang mepunyai hobi menggebrak komputer, apabila komputer berjalan lambat, tidak seusai dengan kemuan anda, macet (hang) atau kesal karena pekerjaan, nah . . . sekarang cukup jelas alasan bagi anda untuk menghentikan kebiasaan ini.

Kesembilan:
Jangan letakkan komputer anda dekat dengan peralatan yang menghasilkan medan magnet cukup kuat, seperti kipas angin, motor listrik, mesin dengan kumparan besar seperti mesin bubut, dan lain sebagainya.
Medan magnet dapat mengacaukan gerakan jarum pembacaan dan bila terlalu kuat dapat juga membuat data pada cakram terhapus.

Kesepuluh:
Lakukan backup data penting anda secara berkala.
Point ini sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan keawetan penggunaan HDD, tetapi lebih pada kelangsungan data.

Selalu ada kemungkinan HDD yang tidak cukup baik lolos dari QC (quality control), dan apabila kebetulan anda sebagai penggunanya, anda bisa lolos dari nasib buruk, apabila anda sudah memiliki backup data penting anda, saat HDD anda mendadak rusak tanpa sebab yang jelas.
HDD yang rusak dapat anda claim pada penjual (selama masih dalam masa garansi), tapi data yang hilang harus anda sendiri yang menjaganya.

Demikianlah sepuluh langkah untuk menjaga keawetan HDD dan juga menjaga keamanan data yang tersimpan didalamnya

www.AstroDigi.com ( Nino Guevara Ruwano )

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...