Monday, June 29, 2009

Memanfaatkan Mikrokontroler (MICROCONTROLLER), Sebagai Pengontrol Peralatan Industri



gambar diambil dari geekadelphia.com
AstroDigi.com | Senin, 29 Jun 2009 | Mikrokontroler adalah sebuah single chip yang sudah dilengkapi dengan ROM (penyimpan program), RAM (sebagai memori pendukung proses), I/O (sebagai tempat masuk dan keluar sinyal/tegangan kontrol), dan berbagai feature untuk mempermudah aplikasi.
Meskipun mikrokontroler sudah populer sejak era 90an, penggunaannya di dunia industri masih belum banyak. Kalangan praktisi industri masih banyak yang lebih suka menggunakan PLC dibandingkan mikrokontroler.

Mungkin ada baiknya anda mengetahui keunggulan dari mikrokontroler:
Pertama:
Harga yang (sangat) jauh lebih murah bila dibandingkan dengan PLC.

Kedua:
Seperti halnya PLC, kebanyakan mikrokontroler yang beredar sudah distandarisasi agar dapat digunakan untuk aplikasi industri

Ketiga:
I/O yang lebih fleksibel. Pada PLC Input dan Output sudah ditentukan fungsinya, sedangkan pada mikrokontroler anda bisa menentukan setiap I/O, akan digunakan sebagai input atau output.

Keempat:
Lebih mudah untuk digandengkan dengan PC. Pada PLC, hanya tipe tertentu saja yang mempunya fasilitas untuk komunikasi dengan PC.
Keunggulan ini, membuat mikrokontroler memungkinkan untuk digunakan dalam aplikasi DATA ACQUSITION.

Kelima:
Ukuran fisik yang jelas jauh lebih kecil dibandingkan dengan PLC yang sudah merupakan sebuah alat. Coba seandainya client anda menginginkan sebuah rangkaian kontrol untuk instrumen, yang berdimensi kecil namun mempunyai I/O yang cukup banyak misalnya, akan sangat tidak efiesien apabila peralatan kontrolnya dibuat dengan PLC.
Mikrokontroler juga dapat diselipkan sebagai peralatan kontrol tambahan, pada mesin, robot ataupun instrumen tanpa membutuhkan ruang instalasi yang besar.

Keenam:
Karena merupakan komponen, anda bisa dengan lebih leluasa merangkainya dengan LCD, Seven Segment, LED, Relay, Opto Coupler, Sensor, dan lain sebagainya.

Ketujuh:
Memprogram mikrokontroler sekarang sudah lebih mudah, banyak tersedia kompiler dengan bahasa pemrograman yang lebih user friendly, seperti BASIC ataupun C++.

Jadi . . . ada banyak alasan untuk menggunakan mikrokontroler . . . :)

www.AstroDigi.com ( Nino Guevara Ruwano )

Comments :

1

The daily payback percentage defintely won't be greater than 10% of daily income, the daily percentage is based about the monthly cards sales volume along with the amount of cash advance required instant payday loans you will not settling your amount borrowed, only paying a persons vision which means your loan amount remains in a constant amount.

Anonymous said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...