Friday, June 19, 2009

Bermula Dari Ketidakpuasan Terhadap Pulpen



AstroDigi.com | Jumat, 19 Jun 2009 | Ballpen yang disebut juga Ball Pen atau Ballpoint atau Ballpoint Pen, ditemukan pada tahun 1938 oleh dua bersaudara dari Hungaria, Laszlo Biro and George Biro.
Laszlo Biro adalah seorang jurnalis, sedangkan saudaranya George Biro adalah seorang ahli kimia (chemist).
Sebelum ballpen ditemukan, untuk menulis dengan tinta orang harus menggunakan pulpen.

Ketidakpratisan pulpen, membuat Laszlo Biro and George Biro, berpikir untuk menciptakan sebuah produk yang bisa menggantikan fungsi pulpen, bisa menulis lebih lama, tanpa harus berulangkali mengisi tinta, dan tanpa kekhawatiran terciprat oleh tinta, dan tanpa kekhawatiran terkena noda tinta di kantong baju akibat kebocoran tinta, dan tanpa kekhawatiran tulisan akan menjadi blobor (=smudge), hal yang sering terjadi pada penggunaan pulpen.

Disebut ballpen karena benda ini bekerja dengan pengaturan aliran tinta lewat sebuah bola (=ball) berukuran kecil, dengan diameter antara 0,7mm hingga 1,2mm. Permukaan bola dibagian dalam yang bersentuhan dengan tinta akan tergeser keluar, saat bola digelindingkan, yaitu saat ballpen digunakan menulis, tinta ini yang kemudian menempel pada kertas yang ditulisi.

Sebenarnya Biro bersaudara ini sudah memperkenalkan ballpen sejak tahun 1931 pada Budapest International Fair. Namun baru pada tahun 1938, Biro mempatenkan penemuannya di Paris.
Kedua bersaudara ini pindah ke Argentina pada tahun 1943, dan menetap disana hingga akhir hayatnya. Laszlo Biro meninggal di Buenos Aires pada 24 Oktober tahun 1985.

Marcel Bich membeli paten Biro pada tahun 1950, ia dan perusahaannya BIC Corp. menyempurnakan design ballpen, dengan memproduksi isi tinta berkemasan plastik, dengan tip (=ujung pen), yang lebih baik. Anda dapat menemukan produk bermerek BIC, yang merupakan produk dari BIC Corp.

www.AstroDigi.com ( Nino Guevara Ruwano )

Comments :

0 comments to “Bermula Dari Ketidakpuasan Terhadap Pulpen”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...