Saturday, September 5, 2015

5 Manfaat Perbuatan Baik Bagi Kehidupan (Part 1)

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 5 Sep 2015 | Dalam keseharian kita, seringkali kita dihadapkan pada kenyataan dimana kita mengetahui ada seseorang yang kita kenal baik sedang berada dalam masalah, dan .. kita dalam kapasitas untuk menolong dia.

Maka yang terjadi adalah, kita mempunyai 2 pilihan:
1. Menolong
2. Membiarkan

Menolong .. tentu membutuhkan pengorbanan dari diri kita,entah berupa pengorbanan waktu, harta, biaya, hilangnya peluang lain yang ditinggalkan, faktor resiko yang kemudian menjadi bagian dari diri kita, dan lain sebagainya.

Membiarkan .. tentu adalah pilihan yang lebih mudah, namun tentu saja tidak memberikan manfaat lebih baik bagi diri kita sendiri, maupun manfaat bagi orang lain.

Menolong adalah sebuah cerminan dari sebuah perbuatan baik dan berani, sebaliknya membiarkan adalah cerminan dari perbuatan buruk dan pengecut.

Ada baiknya anda mengetahui manfaat dari melakukan perbuatan baik, agar anda tidak ragu untuk melakukan kebaikan. Ada 5 manfaat pokok dari melakukan kebaikan yaitu:

1. Hati NURANI Menjadi Tenang

Saat seorang manusia diciptakan, Allah meletakkan nurani didalam dirinya. Nurani ini mempunyai fungsi untuk menyuarakan kebenaran dari dalam diri setiap insan.

Lewat nurani, Allah menyuarakan kebenaran, sebelum seorang manusia menerima informasi dari manapun. Nurani ini sebuah sensor kebenaran luarbiasa yang ditempatkan Allah untuk membuat manusia memiliki kesadaran dalam bertindak.

Saat seorang manusia melakukan kesalahan maka secara otomatis ia menentang kehendak yang ada didalam nuraninya, dan ini akan membuat hatinya tidak tenang.

Melakukan kebaikan akan sesuai dengan nurani setiap manusia, tindakan itu akan membuat hati insan yang bersangkutan menjadi tenang dan tenteram.

Kata "hati" dalam kalimat diatas sebenarnya adalah "pikiran", hanya sebuah kebiasaan saja perasaan dinyatakan dengan kata "hati".

Pikiran yang tenteram dan tidak banyak terusik oleh rasa bersalah akan membuat seseorang senantiasa enerjik dan sehat. Ini adalah sebuah berkah yang tidak ternilai.


2. Kehidupan Menjadi Lebih Bermakna

Salah satu manfaat dari diciptakannya manusia adalah agar dapat memberikan manfaat bagi orang-orang disekitarnya, bermanfaat bagi lingkungannya. Semakin bermanfaat seseorang maka akan semakin dihargai oleh orang-orang disekitarnya dan lingkungannya.

Hidup yang tidak bermanfaat bagi orang lain tidak memberikan nilai tambah apapun, dengan berbuat baik maka seseorang menjadikan dirinya bermanfaat bagi orang lain. Semakin banyak seseorang berbuat baik maka akan semakin bermanfaat dirinya bagi orang lain.

Seseorang yang memberikan banyak manfaat akan membuat banyak perubahan ke arah kebaikan bagi lingkungan dimana ia berada. Dimulai dari lingkungan terkecil dalam hidupnya, yaitu keluarganya, kemudian berlanjut kepada lingkungan dimana ia bekerja, dan dalam konteks yang lebih besar lagi seseorang dengan segudang manfaat mampu memberikan perubahan baik bagi negaranya.

Kehidupan seperti inilah yang bermakna dan jauh dari ke-siasia-an, mampu mendatangkan keindahan bagi kehidupan dirinya sendiri dan orang lain.Kehadiran manusia semacam ini tentu sangat disyukuri oleh lingkungan dimana ia berada. Sekali lagi .. inilah makna kehidupan yang sesungguhnya.

Bersambung ke Part 2 >>

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

3 comments to “5 Manfaat Perbuatan Baik Bagi Kehidupan (Part 1)”

ugg boots sale
air jordan 13 retro
prada sneakers
polo ralph lauren factory store
cheap canada goose jackets
jordan shoes
abercrombie
ray ban sunglasses
nike outlet store online shopping
coach handbags outlet
kobe bryant shoes
ghd
christian louboutin sale
abercrombie & fitch
michael kors handbags clearance outlet
canada goose jackets
oakley sunglasses
cheap jordans
hermes belt
michael kors outlet 90% off
jordan infrared 6
michael kors store
gucci outlet
20151028yxj-2

Unknown said...
on 

2016-05-30keyun
kate spade outlet
lebron 12
ed hardy outlet
true religion outlet online
coach outlet
nike air force 1 shoes
nfl jerseys
fitflop clearance
celine handbags
nfl jerseys
fitflop shoes
louis vuitton outlet
air max 95
nike store uk
true religion outlet
adidas running shoes
michael kors outlet online sale
coach outlet online
gucci bags
coach outlet store online
air jordan 8
adidas yeezy
louis vuitton handbags
michael kors outlet online
coach outlet
michael kors outlet
ray ban sunglasses outlet
tory burch outlet
christian louboutin sale
longchamp outlet
rolex watches
ray ban sunglasses outlet
louboutin femme
christian louboutin outlet
cheap toms
michael kors canada outlet
ralph lauren outlet
toms shoes outlet online
louis vuitton outlet

柯云 said...
on 

Such a very useful article. Very interesting to read this article.I would like to thank you for the efforts you had made for writing this awesome article Texas Holdem Poker | Bola Online

Unknown said...
on 

Post a Comment