Friday, June 12, 2015

GELOMBANG PANAS! Petaka Mengerikan Akibat Keberadaan Padang Pasir Dan Himalaya

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 12 Jun 2015 | India .. negara ini seolah tidak pernah kehabisan bencana dan masalah nasional. Mulai dari angka kemiskinan yang tinggi, sanitasi buruk, bencana alam, terorisme, perang antar etnis, perang antar agama, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan salah satu bencana yang mengerikan adalah GELOMBANG PANAS, sebagai bagian dari cuaca ekstrim yang biasanya mendera India setiap tahun di pertengahan musim panas mereka yang biasanya jatuh di triwulan kedua (April-Juni).

Tahun ini bencana ini menelan korban jiwa yang lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tercatat tidak kurang dari 2200 warga India tewas mengenaskan akibat runtuhnya daya tahan tubuh mereka menghadapi udara panas yang mampu menyentuh angka 47 derajat celsius. Benar-benar tragedi yang mengenaskan!

Apa Penyebabnya Dan Mengapa Hanya Terjadi Di India?
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Secara geografis India terletak diantara padang pasir luas yang membentang dari wilayah Arab hingga memasuki wilayah India sendiri dan gunung raksasa terbesar didunia .. Himalaya!

Pada puncak musim panas tahunan angin panas yang bertiup dari wilayah padang pasir menuju wilayah India akan tertahan lebih lama diwilayah India. Mengapa? Jawabnya adalah karena pergerakan angin panas padang pasir tertahan oleh tembok alami yang terbentuk oleh gunung raksasa Himalaya.

Gelombang udara panas akan berputar lebih lama diwilayah India terutama diwilayah selatan yang posisi geografisnya memang lebih terjepit diantara padang pasir luas dan gunung raksasa. Tak heran apabila dua wilayah besar di bagian selatan seperti negara bagian Telangana dan Andhra Pradesh, menjadi wilayah yang paling "terbakar" di India.

Gelombang panas tahun 2015 ini bahkan sampai mampu melelehkan aspal jalan raya, dan membuat sungai-sungai, pemandian dan air mancur dipenuhi warga (dan juga hewan) yang berduyun-duyun berupaya mendinginkan tubuh, bahkan banyak dari mereka yang tidur dan beraktifitas dengan pakaian yang sengaja dibasahi, namun karena panasnya udara, pakaian mereka "kering dibadan".

Gelombang panas menjadi mematikan karena tubuh yang terpanggang oleh panasnya udara akan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan), membuat tubuh menjadi mudah lelah, kejang dan terhambatnya kelancaran aliran darah. Tingginya angka kemiskinan menyebabkan banyak warga India miskin yang tidak mampu menyediakan sarana penyejuk ruangan yang memadai untuk menangkal udara panas ini yang menyebabkan angka kematian korban gelombang panas ini cukup tinggi.

Penghijauan massal, perbaikan sistematis dan peningkatan ekonomi rakyat secara signifikan akan membantu masyarakat India dalam mengurangi dampak negatif dari datangnya bencana gelombang panas tahunan yang mendera wilayah mereka.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)