Tuesday, June 9, 2015

7 Tips Untuk Membuat Kamar Tidur Anda Senantiasa Rapi Dan Bersih

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 9 Jun 2015 | Kamar tidur adalah ruangan yang mempunyai fungsi utama, meski tidak untuk dipamerkan saat tamu datang namun peranan kamar tidur dalam mengatur kestabilan dan kesehatan jiwa dan raga sangatlah besar.

Kamar tidur yang rapih dan bersih akan lebih menjamin kesehatan penghuninya, dan akan mengoptimalkan istirahat penghuninya. Berikut ini 7 tips untuk menjaga agar kamar tidur senantiasa rapi dan bersih:

1. Jangan Menunda
Apabila anda melakukan aktifitas yang membuat lantai kotor segera pel, apabila aktifitas anda membuat tatanan barang berantakan segera kembalikan saat berakhirnya aktifitas.

Percayalah, kotoran yang makin menumpuk akan menimbulkan rasa malas untuk membersihkannya. Demikian pula dengan tatanan barang yang kelewat berantakan akan membuat anda malas untuk merapihkannya kembali.

2. Siapkan Wadah
Agar barang-barang anda dapat tertata rapi, maka anda harus menyiapkan wadah bagi barang-barang tersebut. Hanya untuk barang-barang yang sengaja anda pajang saja yang tidak memerlukan wadah.

Siapkan wadah untuk sepatu anda, peralatan tulis anda (ATK), apabila anda memiliki kamar mandi dalam maka siapkan wadah untuk peralatan mandi anda (sabun, sikat gigi, pasta gigi, sikat closet, dll.).

3. Manfaatkan Ruangan Dibawah Ranjang
Ada ruang di kolong ranjang yang jarang dimanfaatkan, anda bisa memilih wadah (kontainer) dengan roda untuk mempermudah keluar/masuk wadah dari kolong ranjang anda.

4. Lemari Knock Down
Kamar tidur yang tidak dilengkapi dengan lemari akan menyulitkan penataan barang, sebuah lemari knock down akan membantu anda merapihkan barang-barang anda.

Bagi anda yang suka berpindah ruang atau kamar, lemari knock down sangat praktis untuk keperluan tersebut, anda tinggal bongkar dan pasang kembali untuk memindahkannya.

5. Manfaatkan Ruangan Diatas Lemari
Nah..ini masih berhubungan dengan point nomor 4 tadi, dengan adanya lemari anda bisa memanfaatkan atap lemari anda untuk menempatkan barang-barang anda.

Utamakan barang-barang yang jarang anda pergunakan untuk diletakkan diatas lemari anda. Dan siapkan wadah agar semua barang anda tersimpan rapi dan tidak terkena debu saat disimpan diatas lemari.

6. Gantungan Untuk Handuk Dan Baju
Persiapkan gantungan untuk mengeringkan handuk basah anda, dan juga untuk menggantung baju yang akan anda pakai. Baju atau handuk yang tergantung sembarangan selain kotor juga merusak estetika.

7. Penyejuk Ruangan
Ruangan yang sejuk akan membuat anda nyaman didalamnya. Ruangan yang nyaman akan membuat anda rajin menata dan membersihkannya.

Bila ruangan dibiarkan panas maka tubuh anda akan cenderung berkeringat dan membuat kasur, seprai, bantal dan segala barang yang bersentuhan dengan anda menjadi lengket dan mudah kotor.

Anda bisa menggunakan kipas angin berukuran medium dengan standing foot atau apabila keuangan anda memadai anda bisa memasang AC. Akan lebih baik bila anda menggunakan kombinasi AC dan kipas angin secara bergantian sebagai penyejuk ruangan.

Penggunaan AC terlalu kurang baik bagi tubuh, maka sebaiknya setelah ruangan cukup dingin, ganti penyejuk ruangan dengan kipas angin, cara ini juga membantu anda menghemat pemakaian listrik.
----------
Demikian 7 tips sederhana dari saya yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk membantu anda merapihkan kamar tidur anda.

Tips ini juga dapat digunakan untuk merapihkan ruangan lain juga dengan beberapa penyesuaian penataan (karena diruangan lain tidak ada tempat tidur).

Akhir kata selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)