Saturday, May 10, 2014

DirectoryListPrintPro Program Untuk Membuat Daftar File

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 10 Mei 2014 | Bagi pengguna komputer yang sudah menggunakan komputernya dalam jangka waktu yang cukup lama (biasanya 6 bulan lebih), maka jumlah file maupun direktori yang tersimpan pada harddisk akan banyak sekali jumlahnya.

Dengan jumlah fila yang sudah sedemikian banyak maka akan muncul kesulitan untuk mengingat file apa saja yang sudah pernah dibuat, file apa saja yang sudah kedaluwarsa dan sudah selayaknya dihapus, dan juga akan ada kemungkinan kita membuat duplikat dari file yang sesungguhnya sudah ada di harddisk.

Cara termudah untuk mengetahui apa saja file yang tersimpan pada harddisk adalah dengan membuat daftar file berikut direktori tempat menyimpannya. Tapi kalau julah file sudah ribuan bahkan puluhan ribu tentu membuat daftar file secara manual bukan urusan mudah.

Untuk pengguna Windows XP kebawah bisa menggunakan perintah MSDOS (tentu lewat command.com yang dapat dipanggil dengan perintah CMD pada kolom RUN).
Ketikkan perintah: DIR/S > Daftar.txt

Maka hasilnya anda akan mendapatkan file dengan nama Daftar.txt yang berisi daftar file anda. Nama file boleh anda ganti dengan yang lain, namun extension tetap txt.
Misal: DIR/S > Fileku.txt

Bagi pengguna produk windows setelah XP, perintah Dir > tidak berlaku lagi, maka perlu cara khusus untuk membuat daftar file. Microsoft menyediakan solusi dengan membuat file .BAT dan mengubah registry yang linknya dapat anda lihat disini: http://support.microsoft.com/kb/321379

Bila anda ingin cara yang lebih praktis anda bisa menggunan aplikasi DirectoryListPrintPro, buatan Infonautics, perusahaan software yang bermarkas di Switzerland. DirectoryListPrintPro dapat anda download secara gratis di: http://download.cnet.com/Directory-List-Print-Pro/3001-2248_4-10911895.html?spi=11e9c0e0bb28ccf9267a7580e92b9867&dlm=0

Jangan lupa untuk meng-klik checkbox (kotak contreng) "include sub directories" agar file pada semua subdirektori ditampilkan pada daftar yang anda buat. Selanjutnya anda tinggal memilih drive dan/atau direktori mana yang akan anda buat daftarnya.

Selamat mencoba . . have a nice day :-)


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)