Tuesday, July 2, 2013

Kok HP Android Saya Sering Mendadak Panas Sih?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 02 Jul 2013 | Para pengguna HP berbasis Android seringkali mendapati HP-nya mendadak panas (overheating) padahal sedang tidak digunakan. Hahaha . . .tidak perlu kuatir, kenali penyebabnya dan temukan solusinya pada artikel berikut ini.

Masalah overheating sebenarnya bukan hanya monopoli HP berbasis OS Android saja, tapi bisa dikatakan ini adalah masalah umum pada smartphone, tidak peduli OS-nya Blackberry, Windows mobile, atau lainnya.

Penyebab panas meninggi adalah kerja prosesor yang berlebihan. Prosesor yang merupakan “otak” dari hardware smarphone akan mengeluarkan panas berlebih apabila bekerja terlalu keras atau berada pada lingkungan yang berudara panas.

Tidak seperti PC, yang prosesornya dilengkapi dengan kipas pendingin, prosesor pada HP hanya dilengkapi dengan plat pendingin yang tidak terlalu lebar, dan tidak dilengkapi dengan kipas. Panas yang timbul pada prosesor akan diserap secara merata pada permukaan plat pendingin dan disebarkan secara merata ke body metal dari HP.

Sirkulasi udara yang cukup baik pada body HP terutama pada bagian HP yang berbahan metal akan mempercepat proses pendinginan CPU. Itulah sebabnya sebaiknya hindari mengantongi HP pada saku celana. Ruangan sempit pada saku celana dan hawa panas yang ditimbulkan tubuh akan memperburuk proses pendinginan.

Hal lain yang juga meningkatkan panas pada prosesor HP adalah jumlah aplikasi yang running pada saat bersamaan. Untuk melihat aplikasi apa saja yang running pada saat bersamaan, anda bisa meng-klik menu>Manage Apps>Running.
Selain melihat aplikasi yang running, anda juga bisa melihat sisa RAM (memori kerja) dari HP anda.

Anda bisa mematikan aplikasi yang tidak anda perlukan dengan mengklik icon aplikasi yang bersangkutan dan klik tombol Stop. Namun apabila aplikasi yang running tersebut tergolong aplikasi yang tidak anda butuhkan, maka anda boleh meng-uninstal-nya (menghapus aplikasi), agar aplikasi yang berjalan di-background system anda menjadi berkurang, dan prosesor dapat bekerja lebih ringan.

Selain sirkulasi dan jumlah aplikasi yang running, hal lain yang juga meningkatkan kerja prosesor adalah signal yang lemah. Perlu anda ketahui, setiap HP dilengkapi dengan program pintar untuk terus mencari signal terbaik untuk mencukupi kebutuhan akan kelancaran transmisi data.

Saat signal lemah, prosesor akan berinisiatif lebih keras untuk mencoba mencari signal terbaik bagi systemnya. Kerja keras ini akan menyebabkan prosesor mengeluarkan panas berlebih. Itulah sebabnya mengantongi HP di saku celana tidak dianjurkan karena biasanya pada lokasi tersebut signal HP kurang baik.

Nah . . . kondisi yang disebutkan diatas adalah untuk panas yang bisa timbul pada kondisi dimana HP dalam keadaan baik dan normal. Kadang juga panas bisa timbul apabila ada kerusakan pada batere, kerusakan pada regulator (pengontrol isi dan buang dari batere), terjadi kerusakan dimana tarikan arus listrik menjadi lebih besar, misalnya pada display yang mulai rusak, atau pada konektor headset.

Jadi anda tidak perlu khawatir, apabila lonjakan panas normal sering terjadi cobalah, anda gunakan HP anda pada ruangan yang cukup sejuk, kantongi HP anda jangan pada kantong celana atau kantong yang sudah terlalu padat. Matikan aplikasi dan fasilitas saat sedang tidak dipergunakan.

Pada HP juga biasanya terdapat lubang yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari speaker, namun juga berfungsi sebagai jalur keluar/masuk sirkulasi udara, usahakan agar lubang-lubang ini tidak tertutup rapat, agar sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik.

Demikian tips singkat untuk hari ini, semoga bermanfaat untuk anda . . . . have a nice day :)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)