Friday, June 14, 2013

Jiah Khan, Artis India Yang Mengakhiri Hidupnya Secara Tragis

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 14 Jun 2013 | Minggu Awal Bulan Juni ini (3/6/2013), Bollywood dikejutkan dengan kematian Jiah Khan, artis India yang sedang menanjak karirnya. Jiah Khan, yang mempunyai nama lahir Nafisa Khan adalah seorang artis Bollywood yang lahir di Amerika. Sebagai seorang artis, model dan juga penyanyi, Jiah Khan juga pernah memperoleh nominasi sebagai "Best Female Debut Award" (pendatang baru terbaik) di Bollywood.

Meskipun tergolong sebagai pendatang baru di dunia film namun beberapa film yang dibintanginya tergolong sebagai film laris papan atas. Penampilan terakhirnya pada film Housefull yang disutradai Sajid Khan juga masuk kedalam daftar film laris.
Pada tanggal 3 Juni 2013 lalu, Jiah Khan ditemukan tewas tergantung di apartemennya di Sagar Sangeet, Mumbai, India.

www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com Jiah Khan lahir pada tanggal 20 Februari 1988 dari keluarga muslim keturunan India yang tinggal di New York, ia adalah putri dari Ali Rizvi Khan, seorang warga Amerika keturunan India dan Rabiya Amin, seorang artis Bollywood di era 80-an asal Agra, Uttar Pradesh.

Jiah dibesarkan dan mengenyam pendidikan di London, dan tercatat sebagai siswi berprestasi. Jiah terinspirasi untuk mencoba berkiprah di Bollywood setelah melihat akting aktor Bollywood, Ram Gopal yang menjadi idolanya saat masih kanak-kanak.

Jiah pernah mengenyam pendidikan di Lee Strasberg Theater sebagai penyanyi opera saat ia berusia 17 tahun. Ia berhasil merekam 6 album rekaman sebagai hasil dari proses pembelajarannya.

Saat ia berusia 18 Jiah terpilih untuk membintangi film bertema romantic thriller berjudul Nishabd, dengan sutradara Ram Gopal, disini ia bermain bersama bintang kawakan Amitabh Bachchan. sayangnya film ini tidak sukses dipasaran bahkan menuai banyak kritik.

Beruntunglah kritik tersebut tidak membuat Jiah menjadi patah semangat, ia justru semakin giat belajar untuk memperbaiki kemampuan aktingnya, hasilnya ia mampu tampil gemilang pada film-film selanjutnya yang ia bintangi.
Puncaknya pada tahun 2010, Jiah meraih nominasi sebagai artis pendatang baru terbaik pada festival film di Bollywood, untuk perannya di film Housefull, sayangnya ia tidak berhasil terpilih sebagai pemenang dan harus mengakui keunggulan Deepika Padukone.

Namun kekalahannya di ajang festival dapat terhibur dengan suksesnya penjualan Housefull di pasaran. Housefull meraih pendapatan sebagai film terlaris kedua pada tahun 2010, ini adalah perolehan terbaik kedua bagi Jiah. Dua tahun sebelumnya (2008), film Ghajini yang dibintanginya berhasil meraih posisi teratas sebagai film terlaris pada saat itu.

Dengan karirnya yang tergolong gemilang sulit bagi publik untuk menerima kenyataan bahwa Jiah mengalami keputus-asaan yang sangat mendalam sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Bahkan saat itu Jiah telah mengantongi beberapa kontrak untuk membintangi lagi beberapa film.

Jiah melakukan bunuh diri dengan menggantung dirinya sendiri di apartemen Juhu Resident, saat ia sedang sendirian. Ibunya Rabiya dan adiknya Rabiya yang tinggal serumah dengannya saat itu sedang keluar rumah.
saat mereka kembali mereka telah menemukan Jiah telah tidak bernyawa di tali gantungan.

Jenazah Jiah dilarikan ke rumah sakit Dr. RN Cooper Hospital, namun kemudian pihak kepolisian memindahkan jenazahnya ke rumah sakit JJ Hospital, untuk keperluan otopsi dan analisa forensik.

Dua hari setelah hari kematiannya, barulah jenazah Jiah dimakamkan di pemakaman muslim di Juhu. Turut hadir dalam pemakamannya sejumlah selebriti Bollywood seperti: Aamir Khan, Kiran Rao, Riteish Deshmukh, Siddharth Mallya, Sophie Choudry, Urvashi Dholakia, Prem Chopra, Ranjeet, Deepak Parashar, Sanjay Khan dan Naghma. Kematian Jiah menimbulkan duka dan keterjutan yang mendalam dikalangan artis

Dua hari setelah pemakamannya, adik Jiah menemukan 6 lembar surat yang didalamnya juga disebutkan niat Jiah untuk bunuh diri. Nama Sooraj Pancholi, pria yang selama ini berhubungan cukup dekat dengan Jiah juga disebutkan disurat tersebut.
Diduga Sooraj melakukan pemerkosaan pada Jiah yang menyebabkan gadis tersebut menjadi sedemikan tertekan dan putus asa.

Pihak keluarga kemudian menyerahkan surat tersebut kepada pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti. Pihak kepolisan kemudian menahan Sooraj, untuk dimintai keterangan. Sooraj kemudian dibebaskan dengan jaminan karena kurangnya bukti untuk menahannya lebih lama. Namun hingga saat tulisan ini dibuat, proses penyidikan masih berlangsung.

Pihak keluarga dan para fans Jiah berharap misteri mengenai penyebab bunuh diri Jiah segera terkuak.


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

obat aborsi said...
on 

Post a Comment