Thursday, April 4, 2013

9 Alasan Memilih HP Android Dibandingkan HP Jenis Lainnya

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 4 Apr 2013 | Setelah HP ber-OS Android mulai secara perlahan namun pasti menguasai pasar smartphone, banyak pengguna HP dari OS lain yang beralih ke Android. Namun disisi lain masih banyak juga pengguna HP dari OS lain yang masih ragu untuk berpindah ke HP Android, dengan alasan bahwa komunitas sudah terbentuk dari HP yang sekarang dipakai, atau belum tahu dengan pasti keunggulan HP ber-OS Android dibanding HP yang sekarang dipakai.

Untuk alasan yang kedua inilah saya akan coba sedikit membeberkan beberapa keuntungan yang bisa dirasakan saat anda menggunakan HP Android, yaitu sebagai berikut:

1.Harga lebih terjangkau
Alasan yang paling masuk akal dari seseorang untuk menentukan pilihan untuk membeli barang adalah HARGA.
Dengan fitur yang setara, HP Android yang saat ini beredar dipasaran memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan HP (smartphone) OS lain yang setara.

2.Pilihan aplikasi GRATIS yang lebih banyak
Saat ini terdapat jutaan aplikasi dari ribuan pengembang software untuk Android yang menyediakan aplikasi yang berguna dan bagus dengan tanpa memungut bayaran alias gratis (biasa disebut dengan FREEWARE).
Pilihan aplikasi gratisan pada Android adalah yang paling banyak dibandingkan dengan aplikasi gratis pada OS jenis lainnya.

User (pengguna) dapat memilih apakah menginginkan aplikasi untuk membantu pekerjaan, seperti menghitung, kurs, mengedit gambar, mengedit video, menggambar, menulis (untuk catatan tulisan tangan), mengetik, dan lain sebagainya.

3.Langganan internet yang lebih murah
Paket berlangganan internet untuk HP Android cukup dengan berlangganan paket internet standar saja, yang pada saat tulisan ini dibuat sudah bisa diperoleh mulai dari harga 20 ribuan saja.

4.Tersedia fasilitas HOTSPOT yang dapat terintegrasi dengan paket internet
HP Android memiliki fasilitas hotspot, yaitu fasilitas untuk berbagi koneksi internet dengan peralatan lainnya yang memiliki fasilitas wifi.

Bila anda bandingkan fasilitas hotspot pada Android dengan paket internet pada BB (Blackberry) misalnya, maka jelas sekali perbedaan yang anda dapat rasakan.
BB dengan OS versi 7 keatas memang sudah dapat digunakan untuk hotspot, namun sayangnya pengguna BB harus berlangganan paket internet standar juga selain paket BB, apabila ingin mem-fungsi-kan hotspotnya.

5.Tersedia lebih banyak pilihan.
Saat ini jumlah produsen HP berbasis Android lebih banyak dibandingkan dengan produsen HP berbasis OS lainnya. Hal ini jelas akan sangat menguntungkan user karena bisa memilih HP yang benar-benar sesuai untuk kebutuhannya dan juga dengan harga yang terjangkau untuk ukuran kantongnya.

6.Tempat reparasi yang lebih banyak
Produk apapun yang kita gunakan tentunya memiliki kemungkinan rusak dalam pemakaiannya, termasuk juga HP Android. Keuntungannya HP Android adalah dengan banyaknya tempat reparasi yang mampu menangani kerusakannya, sehingga user dapat lebih terjamin kelangsungan pemakaian HP-nya.

7.Lebih mudah untuk diupgrade dan diinstal ulang
Upgrade OS Android bisa dilakukan sendiri oleh user yang cukup tahu cara kerja HP. Untuk user yang awam upgrade OS bisa dilakukan di banyak pilihan tempat, tidak perlu harus datang ke cabang atau gallery yang khusus untuk menangani OS Android. Simpel dan mudah . .

8.Pilihan koneksi antar device (peralatan) yang lebih banyak
User dapat memilih HP Android dengan pilihan koneksi kabel, bluetooth, atau wifi. Terdapat puluhan hingga ratusan aplikasi gratis untuk mengkoneksikan HP anda dengan HP lain, atau mengkoneksikan HP anda dengan PC, atau HP anda dengan device tertentu seperti printer, keyboard, mouse, scanner, dan lain sebagainya.

9.Serasa memiliki PC berukuran kompak (mini)
Ini yang terakhir dan sebenarnya merupakan rangkuman dan kesimpulan dari 8 alasan sebelumnya. Dengan begitu banyaknya fasilitas dan kemudahan yang bisa diperoleh dari HP Android, maka user akan merasa seolah memiliki PC berukuran kompak (mini).

Dan dengan kata lain HP Android layak digunakan sebagai pengganti PC, tentunya untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana dan tidak terlalu kompleks.
Pekerjaan mengetik, membuat tabel (spreadsheet), presentasi, mencatat dengan tangan (seperti pada buku catatan/notes), mengedit musik, mengedit video, dan lain sebagainya yang bisa anda lakukan pada PC, bisa juga anda lakukan pada HP Android.

Demikian “sharing” dari saya untuk hari ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jadi bagi anda yang masih ragu-ragu untuk bermigrasi ke HP Android, ayo . .tunggu apa lagi???


www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “9 Alasan Memilih HP Android Dibandingkan HP Jenis Lainnya”


Post a Comment