Sunday, May 20, 2012

Kisah Hidup Barb Tarbox Yang Penuh Ironi


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | Minggu, 20 Mei 2012 | Barbara Tarbox atau lebih dikenal sebagai Barb Tarbox adalah seorang ibu rumah tangga asal Kanada. Barb Tarbox menjadi pecandu rokok sejati sejak ia berusia 11 tahun, usia setara dengan anak-anak kelas 6 dibangku sekolah dasar.

Setelah menjadi perokok selama 30 tahun, pada bulan September 2002 dokter mendiagnosis Barb terkena kanker paru-paru stadium 4, dan tidak dapat disembuhkan kembali, dan hidupnya hanya tersisa beberapa bulan saja.
Setelah diagnosis tersebut, Barb memutuskan untuk menggunakan dirinya sebagai sampel buruk dari seorang pecandu rokok.

www.AstroDigi.com


Dia pergi ke sekolah-sekolah diseluruh Kanada untuk menjelaskan bahaya rokok. Ia juga tampil di berbagai media, juga untuk menjelaskan bahaya merokok. Tujuannya satu: ia tidak ingin anak-anak lain menjadi korban kecanduan rokok seperti dirinya.

www.AstroDigi.com


Dengan sisa usianya yang tinggal sedikit, ia gunakan untuk menyuarakan kampanye rokok nyaris tanpa henti, dengan menggunakan dirinya sendiri sebagai sampel korban.
Usahanya yang tanpa henti menggerakkan hati Tracy Mueller, seorang ibu dari kota Edmonton.
Tracy memutuskan untuk senantiasa menemani Barb dalam setiap kampanyenya.

www.AstroDigi.com


"Barb meminta anak-anak untuk melihat contoh dari seseorang yang dekat dengan mereka," kata Mueller dalam wawancara tahun 2003 Januari, dengan mata berkaca-kaca.
Barb menyuarakan kepedihannya, dan diilustrasikan rasa sakitnya hingga ke detail terkecil. Saat ia berbicara seringkali anak-anak menjadi berlinang air mata.

www.AstroDigi.com


"Saya berharap kepada Allah ini akan membuat anak-anak takut dan tidak mempunyai keinginan untuk mencoba, karena takut dengan penyakit yang saya derita," katanya. "Lihat aku.", ucapnya setiap kali. Demikian ia sampaikan kepada wartawan CBC, Judy Piercey pada Januari 2003.
"Saya bisa memilih untuk hanya duduk di sofa saya seraya meratap dan mengasihani diri sendiri . . . Atau aku membantu mengubah kehidupan orang lain . . Dan Tuhan, aku memilih untuk tidak tinggal diam."

www.AstroDigi.com


"Lihat tangan saya," katanya kepada salah satu kelompok anak-anak di Edmonton hanya beberapa bulan setelah didiagnosa menderita kanker. "Saya tidak tahu apakah kalian dapat melihatnya tapi dimana-mana terlihat tulang menonjol, kalian tahu apa artinya? Tonjolan tulang muncul dari setiap area tubuh saya sekarang . . dan kaki saya . . kaki saya berwarna biru, dimana dokter menyebutnya cyanotic , yang tampak seperti semburat warna ungu. Dan kalian tahu mengapa itu terjadi.? Ketika jaringan tubuh kalian mulai mati, mereka berubah menjadi hitam. Oh ya . . Oh ya! Benar-benar hitam . . Dan tidak ada satupun parfum di pasaran yang dapat menyembunyikan bau busuk yang muncul darinya. . . Semua itu adalah hasil dari merokok.. "

www.AstroDigi.com


Bob Stafford seorang penyiar radio di Edmonton masih ingat panggilan telepon yang ia terima setelah Barb tampil sebagai narasumber pada acaranya. "Seorang sopir truk menelepn saya sekitar 10 hari setelah wawancara kedua yang saya lakukan dengan Barb, ia menelepon sembari menangis, ia mengatakan bahwa setelah mendengarkan wawancara tersebut, ia melemparkan semua rokok dalam bungkus yang masih tersisa ke luar jendela dan dia tidak merokok sejak saat itu, "katanya. "Dan ia percaya bahwa Barb benar-benar telah menyelamatkan nyawanya."

www.AstroDigi.com


Hingga akhir Maret 2013, Barb telah menyampaikan pesannya kepada lebih dari 50.000 anak-anak dan remaja di Kanada. Dengan tubuh rapuhnya ia tanpa henti terus berkampanye. Penampilan terakhirnya adalah pada tanggal 17 April 2003, saat ia berbicara didepan sekelompok siswa SMP dan SMA di Edmonton Kanada.

www.AstroDigi.com


Sebelas hari setelah itu kondisinya benar-benar sangat menurun, pada tanggal 28 April 2003 ia masuk rumah sakit dalam kondisi dimana ia sudah tidak mampu lagi berjalan dan makan sendiri. Ia meminta Pat Tarbox, suaminya agar mengizinkan media untuk mengabadikan seluruh penderitaannya hingga ia meninggal. Dan mengizinkannya untuk digunakan sebagai media anti rokok.

www.AstroDigi.com


Barb meninggal pada tanggal 18 Mei 2003. Ironisnya dia tidak mampu menghentikan kecanduannya hingga akhir hayatnya. Atas kegigihannya dalam menyuarakan pesan bahaya rokok, pemerintah Kanada menganugerahinya “Meritorious Service Medal”, yang disampaikan oleh Adrienne Clarkson, Gubernur Jendral di Kanada, penghargaan tersebut diterima oleh Mackenzie Tarbox putri Barb.

www.AstroDigi.com


Saksikan kisahnya pada cuplikan video berikut:


www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

5 comments to “Kisah Hidup Barb Tarbox Yang Penuh Ironi”

you're so beautiful, beautiful, beautiful . . .
kamu cantik, cantik, cantik dari hatimuuuuu :)

Anonymous said...
on 

ninest123 08.04
nike free, michael kors outlet, oakley sunglasses, true religion jeans, polo ralph lauren outlet, louboutin outlet, louboutin shoes, kate spade outlet, ray ban sunglasses, replica watches, prada handbags, tiffany and co, coach factory outlet, kate spade handbags, christian louboutin outlet, michael kors outlet, longchamp outlet, coach outlet, burberry, nike outlet, chanel handbags, michael kors outlet, oakley sunglasses, burberry outlet online, longchamp, michael kors outlet, polo ralph lauren outlet, coach outlet, coach purses, longchamp outlet, ray ban sunglasses, tory burch outlet, gucci outlet, tiffany jewelry, nike air max, michael kors, oakley sunglasses, michael kors outlet, louboutin, nike air max, jordan shoes, prada outlet

Unknown said...
on 

new balance pas cher, north face, ray ban uk, louboutin pas cher, nike air max, hollister, tn pas cher, hollister pas cher, nike free, michael kors, vans pas cher, hermes, sac guess, air jordan pas cher, air max, true religion jeans, lacoste pas cher, ralph lauren pas cher, converse pas cher, vanessa bruno, ralph lauren uk, air force, michael kors, mulberry, nike free run uk, michael kors, nike air max, nike air max, sac longchamp, timberland, true religion outlet, oakley pas cher, true religion jeans, burberry, nike blazer, nike roshe run, lululemon, abercrombie and fitch, ray ban pas cher, north face, longchamp pas cher, hogan

Unknown said...
on 

mont blanc, celine handbags, mcm handbags, vans shoes, valentino shoes, baseball bats, nike air max, longchamp, nike huarache, nike trainers, nike roshe, nike roshe, new balance, timberland boots, nfl jerseys, p90x workout, lululemon, ghd, bottega veneta, asics running shoes, north face outlet, hollister, reebok shoes, hollister, soccer jerseys, north face outlet, giuseppe zanotti, beats by dre, soccer shoes, insanity workout, chi flat iron, wedding dresses, iphone 6 cases, oakley, abercrombie and fitch, babyliss, ferragamo shoes, herve leger, jimmy choo shoes, mac cosmetics, instyler, birkin bag

Unknown said...
on 

marc jacobs, coach outlet, ugg boots, ray ban, karen millen, louboutin, replica watches, ugg boots uk, swarovski, toms shoes, uggs on sale, links of london, gucci, ugg boots, juicy couture outlet, hollister, thomas sabo, ralph lauren, lancel, ugg,ugg australia,ugg italia, pandora charms, converse, ugg,uggs,uggs canada, bottes ugg, ugg boots, montre pas cher, converse outlet, hollister, swarovski crystal, pandora charms, ugg pas cher, juicy couture outlet, supra shoes, wedding dresses, vans, pandora jewelry, nike air max, ugg boots
ninest123 08.04

Unknown said...
on 

Post a Comment