Friday, October 21, 2011

WILDCAT, Mobil Robotik Yang Bisa Mengemudi Sendiri Tanpa Sopir


www.AstroDigi.com

INILAH.com | Kamis, 13 Okt 2011 | Ilmuwan Oxford University berhasil mengembangkan sebuah mobil robot yang mampu menyetir dan menavigasi sendiri. Mobil ini diyakini menjadi ‘penawar’ kemacetan lalu lintas.


www.AstroDigi.com

Artinya, mobil berteknologi canggih ini mulai bisa masuk jalanan 15 tahun mendatang. Para pengendara yang lelah bisa memanfaatkan fitur autopilot dan tidur sejenak. Kendaraan cerdas bernama ‘Wildcat’ dari Oxford ini dibuat dengan bantuan kontraktor canggih BAe Systems.

www.AstroDigi.com


Mobil ini memiliki laser dan kamera ‘mata’ untuk membaca jalan serta otak komputer masif untuk memproses informasi, membuat keputusan dan beradaptasi pada kondisi, kecepatan dan lingkungan yang berubah.

www.AstroDigi.com


Menurut ilmuwan, sistem navigasi mobil ini jauh lebih akurat dibanding sistem navigasi konvensional yang benar-benar otomatis dan tak butuh referensi satelit lokasinya serta mampu merespon secara mandiri pada kendaraan lain dan rintangan.

www.AstroDigi.com


Profesor Paul Newman dari Oxford University mengatakan seperti dikutip DM, “Kita butuh mobil yang bisa berpikir dan berkosentrasi untuk Anda serta mobil yang tak memaksa Anda selalu menyetir. Mobil ini akan sempurna dalam 15 tahun mendatang."

www.AstroDigi.com


Saksikan pada tayangan video berikut:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “WILDCAT, Mobil Robotik Yang Bisa Mengemudi Sendiri Tanpa Sopir”


Post a Comment