Saturday, September 16, 2017

Beginilah Cara Memperkecil Gambar Dalam Jumlah Banyak Secara Sekaligus Di Smartphone Android, Agar Ruang Penyimpanan Yang Tersedia Tidak Cepat Penuh

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 16 Sep 2017 | Smartphone keluaran terbaru, meski yang bukan kategori high-end sekalipun biasanya sekarang ini sudah dibekali kamera dengan kualitas bagus dengan resolusi yang tinggi. Namun ada 2 efek negatif dari tingginya resolusi kamera tersebut yaitu:

  1. Ukuran file dengan resolusi tinggi besar bahkan kadang sangat besar (500KB – 5MB), yang tentunya akan menyita ruang penyimpanan.
  2. Beberapa smarphone terbaru tidak dilengkapi dengan fasilitas untuk mengalihkan secara langsung hasil jepretan kamera ke memori eksternal (SDCard), akibatnya smartphone menjadi menurun kinerjanya akibat penuhnya memori internal. Masalah ini biasanya lebih terasa pada user (pengguna smartphone) yang belum menguasai benar cara memindahkan data dari memori internal ke memori eksternal.
  3. Beberapa smartphone tidak dilengkapi dengan pengaturan(setting) untuk menurunkan resolusi. Sehingga banyak gambar yang sesungguhnya tidak perlu disimpan dalam resolusi tinggi, menjadi tetap tersimpan dalam resolusi tinggi, tentunya dengan ukuran file yang besar.
  4. Gambar dengan ukuran diatas 500KB sesungguhnya terlalu besar untuk dibagikan lewat aplikasi sosial media atau aplikasi chat (Facebook, Whatsapp, Line, BBM, dan lain sebagainya), kecuali untuk data tertentu yang memang sengaja harus ditampilkan dalam resolusi tinggi.

Para user yang ingin menyimpan gambar-gambar yang tidak perlu resolusi tinggi dapat mengkonversi (converting) file gambarnya ke ukuran yang lebih kecil, misalnya dari ukuran 3264 x 2448 menjadi 640 x 480, sehingga ukuran file yang semula 2,2MB, menjadi hanya 0,068MB atau 68KB saja.

Biasanya produsen smarphone sudah membekali aplikasi pembuka foto dengan editor yang dapat digunakan untuk memperkecil gambar (resize). Namun bagaimana bila seorang user ingin sekaligus memperkecil banyak gambar, 100 gambar sekaligus misalnya.

Aplikasi Photo & Picture Resizer yang tersedia secara gratis di Google Play Store dapat dimanfaatkan untuk menangani masalah tersebut. Cari di Google Play Store dengan kata kunci: Photo & Picture Resizer, atau bisa dengan meng-klik link:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.simplemobilephotoresizer&hl=en

Untuk penggunaannya, user cukup membuka aplikasi album foto (biasanya sudah dibekali sejak awal instalasi), pilih gambar kemudian share ke aplikasi Photo & Picture Resizer, user dapat memilih berapa resolusi hasil pengecilan yang diinginkan.



Pilih gambar-gambar yang ingin diperkecil

Share ke Batch Resize (= share ke aplikasi Photo & Picture Resizer)


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

4 comments to “Beginilah Cara Memperkecil Gambar Dalam Jumlah Banyak Secara Sekaligus Di Smartphone Android, Agar Ruang Penyimpanan Yang Tersedia Tidak Cepat Penuh”

Betul punyaku juga kaga langsung masuk ke external memory

Sofyan Aziz Lukmana said...
on 

Membantu gan

Membabtu said...
on 

Betul punyaku juga kaga langsung masuk ke external memory

Sofyan Aziz Lukmana said...
on 

It was good following your articles for some information and authentic knowledge. I am experiencing problems with the translation and need some good solution for it.

http://www.bestessays.org/ said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...