Saturday, June 3, 2017

UltraISO, Aplikasi Untuk Mem-BackUp CD/DVD, Menjadi Image Yang Tersimpan Di HDD

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 3 Jun 2017 | Untuk anda yang seringkali perlu membuat duplikat (copy) dari CD/DVD yang berisi data ataupun aplikasi ataupun OS, rasanya tidak praktis apabila setiap kali membuat duplikat CD/DVD aslinya harus selalu tersedia.

Akan lebih praktis apabila file yang akan digunakan untuk membuat duplikat CD/DVD sudah tersimpan pada HDD (hard disk drive), sehingga pada saat dibutuhkan tinggal melakukan proses pembakaran (CD/DVD burning). Untuk keperluan ini tersedia aplikasi UltraISO yang dapat melakukan backup (penyimpanan cadangan) isi CD/DVD sesuai dengan CD/DVD aslinya.

Sesuai dengan aslinya ini berarti apabila CD/DVD aslinya bersifat bootable (dapat langsung terbaca saat komputer start), maka duplikat yang dibuat akan juga turut berfungsi bootable juga. Demikian pula bila CD/DVD aslinya memiliki security key ataupun image yang tersembunyi misalnya, maka duplikatnya juga akan mempunyai file-file dengan fungsi yang sama persis.

Ultra ISO akan membuat image berdasarkan CD/DVD yang diduplikat, dan akan menghasilkan file dengan ekstensi (extension) .ISO. Keunggulan lain dari aplikasi Ultra ISO ini adalah, fasilitas untuk menambahkan file-file baru kedalam image yang dibuatnya.

Misalnya dalam sebuah DVD yang berisi duplikat dari file instalasi Windows 10, anda bisa menambahkan sekaligus folder baru yang berisi file instalasi Microsoft Office 2016, sehingga pada saat instalasi anda tidak perlu lagi membawa DVD instalasi untuk OS Windows 10 dan DVD instalasi Microsoft Office 2016. cukup membawa 1 DVD saja semua sarana instalasi software terbawa.

Untuk menyimpan seluruh isi CD/DVD menjadi file image klik Menu > Tools > Make CD/DVD Image. File akan disimpan di HDD dengan extension .ISO. User bebas menentukan sendiri nama dari image file yang disimpan tersebut. Nantinya apabila diperlukan untuk membuat duplikan cukup klik file .ISO yang sudah dipilih (misalnya: Win7OS.ISO) kemudian klik Menu > Tools > Burn CD/DVD Image, atau kalau sudah hapal dengan icon untuk fungsi tersebut cukup dengan meng-klik icon bergambar CD yang sedang terbakar.

Asal CD/DVD kosong yang dimaksudkan sebagai target duplikasi sudah terpasang ke CDROM/DVDROM drive maka aplikasi akan langsung melakukan pembakaran seluruh image ke CD/DVD yang bersangkutan sampai seluruh file terpindahkan semua ke CD/DVD yang bersangkutan, mudah bukan?

Selamat mencoba .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “UltraISO, Aplikasi Untuk Mem-BackUp CD/DVD, Menjadi Image Yang Tersimpan Di HDD”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...