Tuesday, June 6, 2017

Transformator/Trafo Komponen Pemindah Daya Listrik (Part 2)

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 6 Jun 2017 | Kalau di film Hollywood kita mengenal Transformer adalah truk atau mobil yang dapat berubah wujud menjadi robot, maka transformer dalam bidang kelistrikan adalah komponen yang berfungsi memindahkan daya listrik, dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya dengan sebutan transformator atau trafo.

Kumparan primer dan sekunder pada transformator digulungkan pada sebuah inti (core) yang sama, karena lilitan kedua gulungan rapat dan menyatu maka medan induksi yang dihasilkan oleh kumparan primer dapat secara maksimal mempengaruhi lilitan sekunder dan menghasilkan daya listrik di kumparan sekunder tersebut.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Pada jaringan listrik untuk rakyat, yang kalau di Indonesia adalah jaringan PLN (Perusahaan Listrik Negara), listrik dikirim kejarak yang berjauhan dalam tegangan yang sangat tinggi, bisa mencapai ribuan volt. Saat akan didistribusikan digunakan transformator step down untuk menurunkan tegangan tadi menjadi 220 volt.

Karena antara sumber dan penerima listrik terisolasi, maka bila ada kerusakan pada beban listrik, hanya akan berakibat kerusakan pada bagian sekunder transformatorsaja, bagian primer akan tetap aman dari resiko kerusakan. Itulah sebabnya dalam jaringan listrik PLN kita bisa menemukan banyak transformator berukuran besar dipasang diberbagai tempat.

Transformator yang bekerja pada frekuensi rendah, kumparan-kumparannya digulungkan pada inti besi yang padat. Pada transformator yang bekerja pada frekuansi tinggi, kumparan-kumparannya digulungkan pada inti ferit yang kepadatannya lebih rendah dibandingkan dengan besi. Sedangkan pada frekuensi yang sangat tinggi, kumparan-kumparan transformator digulungkan tanpa inti, atau inti udara.

Hal tersebut dikarenakan semakin tinggi frekuensi AC, maka semakin tinggi pula medan induksi yang dihasilkan, medan induksi yang kuat bisa membuat inti menjadi sangat panas bahkan bila sangat besar bisa membuat intinya sampai meleleh. Itulah sebabnya semakin tinggi frekuensi, maka kepadatan inti semakin berkurang.

Dalam rangkaian pengirim atau penerima radio transformator dapat banyak ditemukan sebagai bagian dari pengolahan signal frekuensi tinggi. Karena bekerja pada rangkaian arus rendah, maka ukuran kawatnya kecil, sehingga ukuran transformatornya juga kecil, dan inti yang dipergunakan biasanya berupa inti ferit, atau inti udara.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Transformator/Trafo Komponen Pemindah Daya Listrik (Part 2)”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...