Monday, June 5, 2017

Transformator/Trafo Komponen Pemindah Daya Listrik (Part 1)

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 5 Jun 2017 | Dalam rangkaian listrik yang kompleks, transformator adalah salah satu komponen elektronika penting yang tidak bisa diabaikan fungsinya. Komponen ini mempunyai kemampuan mentransfer daya listrik baik ke rangkaian yang masih terhubung ataupun ke rangkaian yang sudah sama sekali terisolasi.

Bekerja dengan memanfaatkan kemampuan kumparan/lilitan kawat dalam membangkitkan medan induksi, transformator terbuat dari dua set kumparan, yang boleh menyatu, atau boleh pula terpisah. Untuk rangkaian yang tidak terisolasi, digunakan transformator dengan kumparan yang menyatu, namun untuk rangkaian yang terisolasi digunakan kumparan yang terpisah.

www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com

Kumparan pertama disebut dengan kumparan PRIMER, kumparan kedua disebut dengan kumparan SEKUNDER. Kumparan primer terhubung ke sumber daya listrik yang memberikan daya listriknya kepada rangkaian elektronika. Kumparan sekunder terhubung ke rangkaian elektronika penerima daya listrik.

Secara ringkas dapat digambarkan cara kerja transformator adalah dengan mengubah daya listrik ke kumparan primer menjadi medan induksi, medan induksi oleh kumparan sekunder diubah kembali menjadi daya listrik. Bila transformator dihubungkan ke sumber daya AC (bolak balik) maka medan induksi pada kumparan primer akan terbentuk secara terus menerus dan berkesinambungan, maka daya AC pada kumparan sekunder akan dihasilkan secara terus menerus pula.

Bila kumparan sekunder memiliki jumlah lilitan kawat yang lebih banyak dibanding jumlah lilitan kawat pada kumparan primer, maka tegangan yang dihasilkan pada kumparan sekunder bisa lebih tinggi dibandingkan dengan tegangan yang diberikan kepada kumparan primer. Sebaliknya bila kumparan sekunder memiliki jumlah lilitan kawat yang lebih sedikit dibanding jumlah lilitan kawat pada kumparan primer, maka tegangan yang dihasilkan pada kumparan sekunder akan lebih rendah dibandingkan dengan tegangan yang diberikan kepada kumparan primer.

Transfomator yang menghasilkan tegangan yang lebih tinggi pada kumparan sekundernya disebut transformator STEP UP, sebaliknya transformator yang menghasilkan tegangan yang lebih rendah pada kumparan sekundernya disebut transformator STEP DOWN. Jadi jelas bahwa salah satu manfaat dari penggunaan transformator adalah untuk menaikkan atau menurunkan tegangan listrik. Sedangkan fungsi lainnya adalah memindahkan daya listrik kepada rangkaian yang terisolasi.

Bersambung ..

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Transformator/Trafo Komponen Pemindah Daya Listrik (Part 1)”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...