Wednesday, June 7, 2017

Hacking Akun Facebook Tidak Sulit, Berikut Ini Adalah Cara Untuk Membajaknya!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 7 Jun 2017 | Semakin populernya FB (Facebook) sebagai media sosial nomor 1 di dunia, selain mendatangkan banyak manfaat bagi para penggunanya juga mendatangkan juga ancaman tersembunyi berupa penipuan dengan menggunakan FB sebagai medianya. Tanpa perlu bersusah payah pencari berita bisa mendapatkan belasan bahkan puluhan berita tentang penipuan dengan media FB hanya dengan mengetikkan kata kunci "penipuan" dan "facebook".

Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan FB bisa dibajak adalah: password yang mudah ditebak. Berikut ini adalah ciri-ciri password yang mudah ditebak:

1. Tanggal lahir: banyak sekali user yang menggunakan tanggal lahir sebagai password, padahal hal ini biasanya adalah angka yang seringkali dicoba oleh para pembajak FB.

2. Tanggal lahir anggota keluarga: mirip seperti pilihan pada point (1), pembajak FB juga seringkali berhasil membajak FB karena sang pemilik akun (account) FB yang asli menggunakan tanggal lahir anggota keluarganya sebagai password, entah tanggal lahir anak, suami, istri, orang-tua, dan lain sebagainya.

3. Angka sama: ini juga merupakan pilihan password yang cukup menjadi favorit, banyak sekali orang yang senang menggunakan angka sama sebagai password, seperti: 11111: 2222222, 3333, 8888, dan lain sebagainya yang serupa.

4. Penyandingan nama dengan tanggal lahir atau angka sama: misalnya: joni170845, wati051187, handi777, jumadi12345, dan lain sebagainya. Banyak juga aplikasi penjebol password menggunakan metode "brute force" yaitu pengujian dengan mencoba berbagai kombinasi password, menggunakan kombinasi nama dan angka seperti diatas sebagai bagian dari percobaan awalnya.

5. Nomor telepon: Sebagian angka terakhir dari nomor telepon juga termasuk angka favorit untuk dijadikan password. Padahal uji coba menjebol akun dengan menggunakan nomor telepon juga termasuk salah satu yang menjadi favorit para pembajak akun.

6. Nama anggota keluarga: menggunakan nama anggota keluarga sebagai password juga adalah salah satu hal yang menyebabkan passowrd gampang ditebak.

7. Nama hewan (peliharaan) kesayangan: mungkin karena tingginya rasa sayang pemilik hewan, maka mengabadikan nama hewan kesayangan juga menjadi salah satu pilihan favorit untuk membuat password.

8. Nama artis kesayangan: ini mirip sebenarnya dengan point (7), hanya saja yang menjadi kesayangan atau idola adalah artis, biasanya para netters remaja yang paling senang membuat password dengan nama artis kesayangan mereka, mungkin agar selalu teringat dengan sang idola.

9. Nama kekasih atau pasangan: mirip juga dengan point (7) dan (8), agar selalu terkenang banyak orang menggunakan nama sang pujaan hati sebagai password.

Sebenarnya masih ada banyak lagi pola pembuatan password yang masuk kategori RENTAN dan RAPUH karena gampang ditebak, tetapi ke 9 contoh diatas bisa dikatakan merupakan TOP LIST (daftar teratas) dari tata cara pembuatan password yang seharusnya anda HINDARI!!

Dan tata cara pembuatan password yang keliru ini sesungguhnya bukan hanya berlaku untuk FB saja, namun juga untuk password bagi akun lainnya, seperti: email, e-banking, aplikasi keuangan, aplikasi laporan perusahaan, password file Office, dan lain sebagainya.

Jadi harapan saya sebagai penulis, setelah mengetahui bahwa ke-9 cara pembuatan password diatas merupakan cara yang keliru maka hendaknyalah para pembaca sekalian menggunakan metode lain dalam pembuatan password. Dan akan lebih baik pula apabila anda mau meluangkan waktu untuk secara berkala mengganti password, terutama untuk akun yang terkait dengan keuangan.

Harapan saya semoga artikel kali ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Hacking Akun Facebook Tidak Sulit, Berikut Ini Adalah Cara Untuk Membajaknya!”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...