Monday, June 26, 2017

Download Dan Install XAMPP, Sebuah Paket Lengkap Untuk Web Server Dan Database Server

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 26 Jun 2017 | XAMPP adalah nama sekumpulan program yang berisi paket aplikasi untuk keperluan pengelolaan website dan database. Sebuah aplikasi XAMPP berisikan Apache Web Server, MySQL Database Server, PHP Web Editor, Perl (bahasa pemrograman).

XAMPP sendiri merupakan singkatan dari Cross-platform, Apache, MySQL, PHP & Perl, dimana Cross-platform disingkat tidak dengan huruf "C" namun dengan huruf "X", karena tanda silang bisa juga berarti "cross". Aplikasi yang tersimpan didalam XAMPP memang dapat dibuka dan dijalankan diberbagai platform (OS) yang berbeda.

Meng-install XAMPP sangatlah mudah, semua prosedur sudah diatur sedemikian rupa oleh Bitnami sebagai pembuat paket, sehingga praktis user tidak perlu repot membaca instruksi panjang, cukup klik tombol NEXT beberapa kali dan tombol FINISH diakhir proses, selesai sudah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menginstal XAMPP di OS Windows:


  1. Download file installer XAMPP di: https://www.apachefriends.org/download.html
  2. Jalankan aplikasi yang sudah didownload tadi.
  3. Pilih komponen yang diperlukan, anda bisa memilih semuanya untuk memastikan semua komponen tersedia dan ter-install.
  4. Setelah ter-install user tinggal mengaktifkan aplikasi XAMPP, daftar modul (komponen) yang terinstal akan ditampilkan dalam sebuah halaman kontrol (control panel) dan user tinggal klik tombol START untuk memulai service, dan klik tombol ADMIN untuk mengatur segala hal yang terkait dengan hak akses, dan klik tombol CONFIG untuk mengatur konfigurasi.






 

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Download Dan Install XAMPP, Sebuah Paket Lengkap Untuk Web Server Dan Database Server”


Post a Comment