Sunday, June 4, 2017

Beberapa Masalah Aneh Seputar Koneksi Jaringan Komputer Dan 5 Langkah Solusinya

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 4 Jun 2017 | Bagi para praktisi komputer yang seringkali terlibat dengan urusan pemasangan jaringan komputer dan pengaturan koneksi jaringan komputer, tentu ada kalanya mengalami masalah yang tidak logis dalam koneksi jaringan.

Misalnya saja ada satu PC client yang tidak dapat terkoneksi ke internet, sementara PC lainnya yang di-setting dengan cara yang serupa bisa terkoneksi dengan lancar dengan internet. Dalam kasus yang lain mungkin juga seorang praktisi jaringan mendapati ada PC yang dapat terkoneksi ke internet tapi tidak dapat terkoneksi ke jaringan lokal. Atau kadangkala lebih parah lagi ada PC yang tidak dapat terkoneksi sama sekali ke jaringan lokal dan tidak dapat juga terkoneksi dengan internet.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang bisa dicoba:
1. Matikan DHCP pada router atau server, dan isikan nilai TCP/IP pada masing-masing PC client dengan cara manual, dengan cara ini keuntungannya adalah angka IP yang diisikan ke masing-masing client dapat dipastikan.

2. Bila cara (1) belum berhasil, pastikan semua PC mendapatkan nomor DNS yang sama, anda bisa menggunakan juga Google DNS sebagai alternatif DNS, yaitu: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

3. Bila cara (1) dan (2) belum berhasil, tambahkan protokol IPX/SPX, pada setiap client.

4. Bila cara (1), (2), dan (3) belum berhasil, samakan OS (operating system) pada semua komputer yang terhubung ke jaringan. Cara ini memang agak aneh, tapi seringkali berhasil mengatasi masalah.

5. Bila cara (1) sampai (4) diatas masih belum berhasil juga, apabila anda menggunakan jaringan wireless, gantilah wireless router yang anda gunakan. Ada beberapa wireless router yang saat rusak tidak membuat koneksi dengan semua PC gagal, tapi hanya salah satu atau sebagian PC saja yang gagal terkoneksi.

Untuk jaringan berkabel biasanya kerusakannya lebih logis, tidak tersambung sama sekali, sehingga lebih mudah untuk dideteksi kerusakannya.

Demikianlah 5 cara untuk memperbaiki koneksi pada jaringan komputer, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat mengatasi problematika jaringan kalau kebetulan ada salah satu pembaca yang menghadapi masalah seperti yang disebutkan diatas tadi. Selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Beberapa Masalah Aneh Seputar Koneksi Jaringan Komputer Dan 5 Langkah Solusinya”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...