Wednesday, April 5, 2017

5 Pemikiran Yang Membatalkan Niat Untuk Ber-Wira-Usaha

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 5 Apr 2017 | Puluhan tahun yang lalu sejak saat saya masih duduk dibangku sekolah dasar, saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha atau setidaknya menjadi seorang profesional, atau singkatnya menjadi seseorang dengan mata pencaharian yang didapatkan tanpa harus bekerja disebuah perusahaan.

Dan setelah saya duduk dibangku kuliah saya mendapati banyak teman-teman yang juga memiliki cita-cita yang serupa dengan cita-cita saya. Namun setelah waktu berlalu sekian lama, ternyata teman yang benar-benar terjun menjadi pengusaha hanyalah sebagian kecil, dan dari sebagian kecil tersebut lebih sedikit lagi yang berhasil mapan sebagai pengusaha menengah keatas.

Dan dalam diskusi di berbagai grup pertemanan, sosial media dan milis (mailing list), saya mendapati lebih banyak lagi teman-teman yang ingin terjun ke dunia wira-usaha. Tapi tidak memiliki keberanian untuk mewujudkan keinginan dan cita-citanya tersebut.

Berikut ini adalah 5 pemikiran yang membuat niat untuk ber-wira-usaha menjadi batal:
1.    Takut penghasilan turun pada masa transisi
2.    Takut bekerja lebih keras pada masa transisi
3.    Takut gagal menjalani wira-usaha
4.    Merasa tidak memiliki jaminan kesejahteraan apabila gagal dalam menjalani wira-usaha
5.    Tidak memiliki keluarga yang mendukung niat ber-wira-usaha (biasanya yang paling tidak mendukung adalah pasangan hidup, dan kemudian disusul oleh orang tua)

Kesiapan mental yang cukup memang dibutuhkan untuk menangkal kelima pemikiran diatas, perencanaan usaha yang matang dan pengetahuan mengenaik seluk beluk usaha secara mendalam dan mendetail akan memberikan jaminan bahwa usaha yang akan anda geluti nantinya akan sukses.

Fokuskan pada pemikiran tentang manfaat dari memiliki usaha sendiri, seperti memiliki jaminan penghasilan pada hari tua, memiliki sumber nafkah berkesinambungan untuk diwariskan kepada anak cucu, memberikan nafkah bagi lebih banyak orang, ladang amal dunia akhirat, kebebasan waktu, peluang untuk menuangkan seluruh inovasi secara utuh, dan lain sebagainya.

Bagi saya sendiri, keuntungan terbesar dari ber-wira-usaha adalah ilmu yang sangat bermanfaat. Dengan ilmu yang saya miliki, membangun sebuah usaha menjadi sebuah upaya yang terukur. Sehingga sejak awal saya mampu mengukur kapan BEP (kecukupan income minimal), kapan ROI (balik modal).

Jadi bagi yang memang memiliki cita-cita ingin ber-wira-usaha, sejak saat ini mulailah tingkatkan kemampuan anda dalam memahami seluk beluk usaha yang anda cita-citakan, dan mulailah perencanaan usaha yang anda inginkan segera.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “5 Pemikiran Yang Membatalkan Niat Untuk Ber-Wira-Usaha”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...