Tuesday, March 28, 2017

Turn Off Windows 10 Update

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 28 Mar 2017 | Dalam beberapa kesempatan OS Windows 10 yang saya pergunakan sempat membuat saya kesal karena melakukan update secara otomatik, tanpa meminta persetujuan saya terlebih dahulu sebelum melakukan upadate. Fasilitas auto-update yang ada di Windows 10 ini juga tidak melakukan proses update secara silent di background dari OS.

Saya membeli laptop dengan OS bawaan berupa Windows 7, dan tak lama berselang saat terhubung ke internet, Microsoft menawarkan untuk upgrade ke Windows 10, dengan cara mengirimkan notifikasi OS. Setelah upgrade ke Windows 10 memang saya merasakan banyak kelebihan dari OS ini, selain kecepatan eksekusi yang lebih baik, menu yang lebih menarik dan juga beberapa fitur tambahan yang mempermudah pengguna membuat bekerja menjadi lebih nyaman.

Namun ternyata salah satu kekurangan dari OS ini adalah fasilitas update-nya yang prosesnya bisa berlangsung tanpa diawali satu opsi apapun bagi user untuk memilih tidak melakukan update terlebih dahulu. Proses download komponen update memang berlangsung silent, namun bila proses download belum selesai saat kita akan memadamkan OS maka akan ada pemberitahuan agar kita tidak mematikan komputer terlebih dahulu karena proses download komponen update sedang berlangsung.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu, karena seringkali saya perlu mematikan komputer segera untuk kemudian melanjutkan diri dengan kegiatan lainnya. Dan yang lebih membuat saya kesal adalah proses upgrade tersebut berlanjut kembali saat komputer restart dan saya harus menunggu tanpa ada satupun progress-bar yang memperlihatkan sudah berlangsung berapa lama proses ini dan akan berapa lama lagi proses ini masih harus berlangsung.

Setiap kali update, saya tidak mengetahui berapa lama proses tersebut akan berlangsung, apakah hanya beberapa menit, atau mencapai puluhan menit. Syukurlah memang belum pernah terjadi proses yang memakan waktu hingga satu jam, namun seringkali saya terganggu karena tidak dapat menggunakan komputer pada saat saya memerlukannya. Bahkan pernah suatu kali update berlangsung saat saya harus melakukan presentasi.

Dibandingkan dengan OS Windows versi sebelumnya Windows 10 ini memang cukup rajin dalam melakukan update, sehingga akhirnya terpikirlah upaya untuk me-non-aktif-kan fasilitas auto-update ini. Bagi pembaca yang kebetulan menghadapi masalah yang sama silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mematikan auto-update:

1. Login ke account Administrator
2. Tekan tombol Windows + X
3. Pilih Computer Management > Services and Applications > Services > Windows Update
4. Double click Text Windows Update
5. Klik tombol STOP
6. Ubah Startup type menjadi Disabled
7. Klik OK, dan tutup semua window yang masih terbuka
SELESAI

Nah dengan 7 langkah diatas bebas sudah saya dari ganggunan update yang datang seperti tamu tidak diundang tersebut. Untuk mengembalikan fasilitas update maka yang harus dilakukan lakukan 7 langkah seperti diatas hanya abaikan langkah ke (5) dan pada langkah ke (6) ubah Startup type menjadi Enabled. Beres sudah .. mudah bukan?

Gambar yang saya sertakan dalam artikel ini menunjukkan seperti apa tampilan pada saat aplikasi pengaturan ini sedang dijalankan .. Selamat mencoba .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Turn Off Windows 10 Update”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...