Thursday, December 29, 2016

Sesuaikan Kemampuan Anda Bila Ingin Terjun Pada Suatu Bisnis

www.AstroDigi.com
AstroDigi.com | Kamis, 29 Des 2016 | Banyak orang yang terjun pada suatu bisnis tertentu tanpa pengalaman yang memadai, tanpa bekal memadai, dan tanpa posisi yang jelas dalam mata rantai bisnis tersebut.

Katakanlah ada seseorang dengan pengetahuan tentang pemeliharaan itik, kemudian secara kebetulan juga tahu lokasi dimana peternak itik menjual ternaknya. Nah .. Secara sederhana orang tersebut kemudian merasa bahwa dengan informasi dan pengetahuan yang ia miliki, ia layak jadi peternak itik, dan terjun di bisnis ini.

Dan setelah ia benar-benar terjun ke bisnis ternak itik, ternyata ia mengalami kerugian. Jumlah produksinya dibawah angka yang ia targetkan, dan juga ia salah dalam menghitung modal bisnisnya
Dalam mata rantai bisnis seseorang tidak harus menjadi produsen  sekaligus penjual. Seseorang bisa memilih untuk menjadi: PRODUSEN, DISTRIBUTOR, atau PENGECER.
Memilih salah posisi satu dari mata rantai bisnis saja bila dijalani dengan benar sudah cukup untuk menjadikannya sebuah bisnis yang mapan dan bisa terus berkembang.
Jadi bila mengacu pada contoh diatas, untuk menjadi pengusaha itik, tidak harus menjadi peternak.

Anda bisa saja hanya membuka rumah potong itik dan mendistribusikannya ke pasar. Bisa juga dengan membuka lapak untuk berjualan daging itik. Bisa juga membuka warung dengan menu itik goreng.
Jadi anda bisa memilih posisi yang sesuai dengan kemampuan anda baik dari sisi pengetahuan, pengalaman, jaringan, maupun kekuatan finansial anda.
Apapun bisnis yang akan anda terjuni, entah itu bisnis pakaian (garmen), bisnis daging sapi, bisnis ikan hias, bisnis produk pertanian, bisnis barang elektronik, bisnis HP, bisnis ikan lele,  dan lain sebagainya, anda tidak perlu harus menempati seluruh posisi dalam mata rantai bisnis.

Tentukan saja satu posisi dalam mata rantai bisnis, entah itu sebagai produsen, entah itu sebagai distributor, atau entah itu sebagai pengecer. Menekuni dan menjalankan salah satu posisi saja dalam mata rantai bisnis sudah mampu memberikan penghasilan besar bila dijalankan dengan cara yang benar.
Nah .. Para sobat pembaca sekalian, sudah siapkah anda untuk memulai bisnis anda sendiri? Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda dalam menentukan pilihan dan pengambilan keputusan anda.
Akhit kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian, selamat beraktivitas .. Have a nice day :-)

Comments :

0 comments to “Sesuaikan Kemampuan Anda Bila Ingin Terjun Pada Suatu Bisnis”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...