Tuesday, December 13, 2016

Olahraga Pengganti, Agar Tetap Bugar Selama Di Tanah Suci

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 13 Des 2016 | Selama menjalankan aktivitas ibadah di Tanah Suci yang begitu padat, waktu untuk berolahraga secara normal menjadi berkurang secara drastis. Ibadah yang menuntut gerakan secara fisik memang cukup membantu untuk menjaga kesehatan namun gerakan seperti yang dilakukan dalam latihan olahraga harian tetap perlu.

Menempati kamar bersama dengan jamaah lain juga membuat olahraga di dalam kamar penginapan serasa kurang etis, apalagi dalam perjalanan ke Tanah Suci kali ini saya sekamar dengan kawan yang sudah berusia lanjut. Kawan-kawan yang lebih memilih untuk memakai waktu untuk kegiatan lain dibanding latihan ringan untuk menjaga kebugaran diri ini :-)

Untuk itulah saya mensiasati dengan mengubah pola latihan, dengan tujuan agar waktu latihan lebih pendek, namun unsur latihan standar terpenuhi. Karena udah dingin di Arab maka latihan ini saya lakukan justru setelah mandi pagi, sebelum melaksanakan shalat subuh, dan tidak perlu khawatir tubuh akan berkeringat. Begini caranya:


  1. Saat bangun dari tidur, saya langsung melakukan gerakan olahraga untuk leher seperti mengangguk-anngukan kepala, menekuk miring kanan-kiri, menoleh kanan-kiri, dan memutar leher 3x secara bergantian. Masing-masing saya ulang dengan jumlah repetisi cukup 11x saja. Singkat padat!
  2. Saya lakukan push up 70x dimulai dengan gerakan perlahan dan semakin lama semakin cepat.
  3. Saya berbaring dilantai dengan kedua kaki saya letakkan di kursi, untuk persiapan sit up. Telapak tangan dibelakang kepala, dan saya lakukan gerakan sit up dengan mendekatkan sikut tangan kanan menuju kearah lutut (dengkul) kiri, dan kemudian bergantian sikut tangan kiri menuju kearah lutut kanan. Demikian seterusnya berulang ulang sampai 35x
  4. Saya lanjutkan dengan bersiap menuju ke masjid, jalan kaki untuk menyehatkan otot kaki. Saya lakukan tawaf sunnah mengelilingi Ka'bah dan shalat sunnah 2 rakaat sebagai penutupnya. Ibadah sekaligus penutup latihan harian.

Dengan latihan harian seperti diatas saya bisa mempertahankan kebugaran saya selama melakukan aktivitas ibadah di Tanah Suci, dengan hanya menyisihkan sedikit waktu saja.
Latihan semacam ini juga bisa diterapkan oleh para pembaca apabila sedang menginap diluar kota saat perjalanan bisnis ataupun saat bertamasya bersama keluarga tercinta. Yang penting adalah menjaga tubuh tetap bugar selama perjalanan dan pulang ke rumah dalam keadaan sehat.


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Olahraga Pengganti, Agar Tetap Bugar Selama Di Tanah Suci”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...