Monday, December 12, 2016

Mendidihkan Ulang Ternyata Aman, Asal ..

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 12 Des 2016 | Sebagai seorang praktisi dibidang kesehatan saya seringkali mendapatkan berbagai masukan dari teman-teman di lingkungan kantor maupun rumah.

Salah satu hal yang pernah saya peroleh adalah peringatan tentang bahaya mendidihkan ulang air minum yang sudah masak. Banyak juga yang kemudian bertanya benarkah demikian? Lewat artikel ini saya akan coba jelaskan kepada para pembaca sekalian.

Saat browsing, saya menemukan banyak artikel yang menuliskan seolah-olah ada unsur racun "baru" yang muncul pada saat pendidihan ulang air minum.

Beberapa mineral seperti arsen, nitrat dan flourida, disebutkan seolah-olah sebagai kandungan berbahaya yang muncul setelah pemanasan. Benarkah demikian? Jawabnya .. TIDAK!

Arsen, nitrat dan flourida adalah bagian dari mineral yang memang SUDAH ADA didalam air minum. Bersama-sama dengan mineral lain seperti sodium, magnesium, potasium, zat besi, dan lainnya, merupakan senyawa yang "normal" sudah terkandung di air minum.

H2O atau air (bila tanpa mineral) adalah bahan pelarut dari mineral yang terkandung didalamnya. Pendidihan akan menguapkan air, sehingga konsentrasi cairan sebagai pelarut menurun, dan meski tanpa disadari secara keseluruhan air bermineral menjadi lebih "kental".

Jadi .. tidak perlu berulang-ulang pun, apabila air didihkan terlalu lama maka konsentrasi mineral akan meningkat seriring dengan menurunnya kadar air (H2O), akibat efek penguapan. Konsentrasi mineral yang terlalu tinggi memang tidak baik bagi tubuh, namun tidak menjadikan ancaman serius apalagi mematikan :-)

Ginjal yang sehat, meski bekerja sedikit (saja) lebih keras, masih mampu untuk menetralisir naiknya konsentrasi mineral tersebut.

Jadi .. seperti saat anda memanaskan sayur saja, saat memanaskan ulang air, tambahkan lagi air yang baru, sehingga "kekentalan" yang tidak terlihat tersebut menurun.

Intinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan memasak ulang air yang sudah matang. Lagi pula biasanya untuk air yang sudah matang tidak perlu memanaskan sampai mendidih lagi kalau hanya sekedar untuk menyeduh teh, membuat kopi atau susu.

Demikian penjelasan saya seputar polemik memasak ulang air minum, semoga bermanfaat bagi para pembaca .. selamat beraktivitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Mendidihkan Ulang Ternyata Aman, Asal ..”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...