Thursday, December 1, 2016

8 Langkah Latihan Ekpresi Wajah Untuk Menunjang Kesuksesan Sebagai "Sales Person"

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 1 Des 2016 | Pekerjaan sebagai "sales person" atau tenaga penjualan yang profesional memang membutuhkan "skill" yang lebih baik dibandingkan hanya seorang penjaja barang biasa. Terutama bagi para sales person yang berkecimpung sebagai penjual produk yang masuk kategori "sulit dijual".

Salah satu komponen penunjang penjualan adalah ekspresi wajah yang mampu menarik atau memikat hati konsumen. Mereka yang tidak berwajah cantik atau tampan tidak perlu berkecil hati, karena kemampuan berekspresi ini tidak melulu ditentukan oleh keelokan wajah.

Bila anda berada dikeramaian coba amati wajah dari orang-orang yang lalu lalang disekitar anda. Tentu akan anda temukan orang tertentu yang terkesan ramah, dan ada orang lain lagi yang terkesan garang, ada wajah yang tampak bersahabat, dan bisa jadi anda temukan pula wajah yang tampak bermusuhan atau seperti sedang memendam rasa kesal.

Tentu seorang penjual harus memiliki ekpresi yang bersifat "positif" sehingga lebih mudah untuk diterima oleh lingkungan dimana ia melakukan penjualan. Dan ekspresi wajah ini bisa dilatih, jadi bukanlah sesuatu yang permanen, anda bisa memperbaikinya bila mau.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk berlatih memperbaiki ekpresi wajah anda.

  1. Siapkan cermin yang lebarnya cukup untuk memperlihatkan wajah anda dan tubuh bagian atas, sebatas dada.
  2. Santaikan seluruh otot wajah anda
  3. Perhatikan mulut anda, apabila (maaf) tidak terkatup maka rapatkan. Mulut yang tidak terkatup akan memberikan kesan (image) sebagai individu yang tidak cukup pandai
  4. Setelah mulut terkatup rapi, perhatikan apakah bentuk bibir anda tampak melengkung kebawah? Bila "ya", maka yang harus anda lakukan adalah membuat bibir anda sedikit melengkung keatas, sehingga menciptakan sebuah bentuk senyuman tipis dalam penampilan bibir anda. Mulut yang melengkung kebawah akan memberikan kesan bahwa anda sedang tidak dalam keadaan senang.
  5. Kemudian perhatikan bentuk alis anda, bila anda memiliki bentuk alis dengan bagian tengah menukik tajam, sehingga tampak seperti orang yang sedang marah, maka anda harus menyamarkan bentuk alis ini dengan mengenakan kacamata dengan frame yang menutupi alis anda. Bagi para wanita bisa juga dengan menyiasati dengan mencukur sebagian alis dan membentuknya dengan pensil alis sehingga bentuknya tidak lagi menukik tajam ditengah.
  6. Pastikan rambut anda rapi. Sebagai mahkota dari bagian kepala dan pelengkap keindahan wajah, kerapihan rambut merupakan bagian yang harus diperhatikan. Bagi anda yang berambut panjang dan enggan untuk sering menyisir rambut sebaiknya anda mengikat rapi rambut anda. Rambut yang berantakan, akan menimbukan kesan bahwa individu yang bersangkutan juga adalah orang yang berantakan dan tidak rapi dalam menjalankan aktivitasnya.
  7. Tegapkan bahu anda. Bila rambut adalah komponen penunjang dibagian atas dari wajah anda maka bahu anda adalah komponen penunjang dibagian bawahnya. Bahu yang terlihat tegap akan memberikan kesan segar dan bersemangat.
  8. Setelah anda atur sedemikian rupa ekspresi wajah anda sesuai dengan langkah-langkah diatas, maka selanjutnya adalah membuat tampilan "bagus" ini menjadi kebiasaan. Dan bila anda sudah terbiasa dengan tampil seperti itu, berarti anda akan mempunyai tampilan baru yang sifatnya lebih permanen dan bukan seperti dibuat-buat, karena latihan ini memang tujuannya memang membuat permanen tampilan wajah anda, bukan sebuah wajah yang hanya tampil bagus saat diperlukan saja tentunya.

Demikian tips untuk penunjang kemampuan anda sebagai sales person. semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat mencoba dan selamat beraktivitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “8 Langkah Latihan Ekpresi Wajah Untuk Menunjang Kesuksesan Sebagai "Sales Person"”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...