Saturday, April 2, 2016

Mendidik Anak Agar Mempunyai Mental Yang Tangguh

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 2 April 2016 | Saat era informatika ini, mendidik anak seringkali menjadi suatu masalah yang lebih kompleks dibandingkan dengan masa dimana tayangan televisi tidak dipenuhi dengan berbagai informasi negatif seperti yang terjadi saat ini. Film bertema hantu, infotainment yang dipenuhi dengan berita skandal, berita tentang korupsi, tayangan mengenai para pengguna narkoba, dan lain sebagainya.

Untuk itulah diperlukan suatu strategi yang tepat agar anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang lembek. Dan cara terbaik untuk membuat anak memiliki mental yang kuat dan tangguh adalah menjejalinya dengan berbagai hal yang positif dan membangun.

Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang dipenuhi keragu-raguan dan dapat menjadi penakut apabila seringkali ditakut-takuti, apabila seringkali dilarang melakukan hal-hal yang seharusnya tidak berbahaya, misalnya:
“awas disana ada setan, jangan kesana!”
“kalau kamu nggak mau melakukan ini, nanti mama adukan ke polisi!”
“kalau kamu makannya susah begini nanti bisa disuntik dokter!”
“kamu bersiul terus malam-malam begini bisa mengundang setan”
Dan lain sebagainya kata-kata yang berkonotasi negatif dan tidak mengandung kebenaran.

Nah .. seringkali infomasi keliru semacam ini datang tidak dari orang tua, tapi dari tayangan televisi. Itulah sebabnya sebaiknya para orang tua menyisihkan anggaran untuk memasang saluran televisi digital dan memilih tayangan yang memang khusus untuk anak-anak. Disana berbagai film dan acara bertema pendidikan akan ditayangkan dan pasti lebih layak untuk ditonton dibandingkan saluran televisi umum yang menyiarkan materi dewasa.

Dan untuk melengkapinya akan lebih baik apabila kita menginginkan anak menjadi sehat, maka yang pertama kali perkenalkan sebuah sosok atau figur sehat yang dapat menjadi referensi dari sang anak, boleh saja figur tersebut adalah tokoh kartun atau komik seperti Batman, Spiderman, atau siapapun lah yang layak digunakan sebagai referensi figur sehat.
Kemudian jelaskan secara benar bagaimana cara menjaga kesehatan yang benar, dan cara menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan sakit.

Demikian pula apabila kita menginginkan anak tumbuh menjadi pribadi pemberani, maka pilih lagi figur pemberani sebagai referensi dan jelaskan, beri contoh, ucapkan kata-kata kepada mereka, hal-hal positif yang memang dapat membuat mereka mengerti apa makna dari berani dan bagaimana seharusnya mereka bersikap berani.

Jadi .. untuk tujuan, yang lain-lain pun cara yang sama bisa anda terapkan, hanya perlu penyesuain sesuai dengan maksud dan tujuan yang ingin kita capai.
Akhir kata, semoga artikel ini berguna bagi para pembaca. Selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...