Friday, January 25, 2013

Superman VS Muhammad Ali, Tokoh Fiksi Melawan Petinju Tulen

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 23 Jan 2013 | Kreasi dalam dunia penulisan memang tanpa batas, dan kadang-kadang juga aneh, Dennis O'Neil seorang penulis komik menuangkan khayalannya mengenai dua orang idolanya yang bertemu dalam sebuah duel penentuan, maka jadilah tulisan Superman VS Muhammad Ali.

Pada era '70-an kehebatan Muhammad Ali di ring tinju memang luar biasa, membuatnya dijuluki sebagai "black superman" (superman berkulit hitam). Dennis membayangkan bahwa pertemuan kedua Superman di ring tinju akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembacanya.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Komik Superman VS Muhammad Ali dipublikasikan oleh DC Comics pada tahun 1978, dengan gambar disajikan dengan sangat bagus oleh komikus kawakan Neal Adam, yang juga terkenal sebagai komikus untuk tokoh Batman. Selain Muhammad Ali beberapa selebriti dan tokoh politik serta staff DC Comics, juga ikut ditampilkan dalam komik setebal 72 halaman ini, antara lain:

Selebriti:

    The Beatles (dengan Yoko Ono dan Linda McCartney)
    Kirk Alyn
    Lucille Ball
    Sonny Bono
    Johnny Carson
    Cher
    Dick Clark
    William Conrad
    Phyllis Diller
    The Jackson 5
    Jerry Garcia
    James Garner
    Ron Howard
    Jack Larson
    Noel Neill
    Tony Orlando
    Donny Osmond
    Marie Osmond
    Christopher Reeve (berkacamata)
    Wayne Rogers
    Frank Sinatra
    Raquel Welch
    Wolfman Jack
    Peter Falk (sebagai Columbo)
    Andy Warhol
    Woody Allen
    John Wayne (berkumis)
    Wally Wood

Politikus:

    Jimmy Carter
    Rosalynn Carter
    Betty Ford
    Gerald Ford

Olahragawan:

    PelĂ©
    Don King
    Joe Namath

Seniman:

    Kurt Vonnegut

Staff DC dan para komikus ternama:

    Neal Adams
    Terry Austin
    Cary Bates
    William Gaines
    Jenette Kahn
    Gil Kane
    Dennis O'Neil
    Joe Orlando
    Julius Schwartz
    Joe Shuster
    Jerry Siegel
    Bob Wiacek

Karakter jagoan & penjahat DC Comics:

    Barry Allen (Flash)
    Batman
    Plastic Man
    Hal Jordan (Green Lantern)
    Clark Kent
    Lois Lane
    Lex Luthor
    Alfred E. Neuman
    Jimmy Olsen
    Diana Prince (Wonder Woman)
    Oliver Queen (Green Arrow)
    Ray Palmer (Atom)

Komik Superman VS Muhammad Ali, dimulai dengan menceritakan Rat'Lar pemimpin alien dari planet Scrubb, yang berniat menantang juara dari planet bumi untuk duel melawan jagoan dari planet Scrubb. Apabila jagoan bumi kalah maka armada Scrubb akan datang menyerbu dan menguasai bumi.

Superman dan Muhammad Ali, mendaftarkan diri sebagai sukarelawan untuk melakukan duel melawan jagoan dari planet Scrubb. Namun seperti biasanya, Ali dengan mulut besarnya menyatakan Superman tidak pantas untuk mewakili bumi, karena bukan benar-benar berasal dari bumi. Ali merasa hanya dialah yang pantas untuk menghadapi penantang dari planet Scrubb.

Rat'Lar menyusun strategi untuk menguras tenaga kedua jagoan bumi ini dengan mempertemukan Superman dan Ali dalam sebuah pertarungan awal, untuk menentukan siapa yang benar-benar merupakan juara dari planet bumi. Agar pertarungan berjalan dengan adil, maka pertarungan dilangsungkan di planet Bodace yang berada di orbit matahari merah, dimana kekuatan super dari Superman akan hilang dibawah terpaan cahaya matahari merah.

Ali diputuskan untuk melatih Superman di kubu terpencil milik Superman, dimana tersedia fasilitas untuk menghilangkan kekuatan super dari Superman untuk sementara. Pertarungan kedua jagoan bumi ini akan disiarkan langsung oleh TV antar galaksi dan akan langsung dirilis oleh ribuan stasiun TV lain di seluruh galaksi. Rekan kerja Superman di Daily Planet, Jimmy Olsen bertidak sebagai pembawa acaranya.

Dan pada hari dan tempat yang telah ditetapkan pertarunganpun dimulai! Ali dengan gaya khasnya yang terbang seperti kupu-kupu dan menyengat seperti lebah mendominasi pertarungan. Superman yang bertarung dengan tenaga manusia biasa kewalahan dan akhirnya jatuh mencium kanvas dengan wajah lebam. Pertarungan dihentikan dan Ali dinyatakan menang KO.

Setelah mahkota kejuaraan jatuh ke tangan Ali, maka berikutnya Ali harus bersiap untuk menghadapi jagoan dari planet Scrubb, seorang alien bertubuh raksasa bernama Hun'Ya. Pemimpin alien bertanya kepada Ali pada ronde keberapa Ali memperkirakan akan mampu menjatuhkan lawannya. Ali mengatakan bahwa ia akan menjatuhkan lawannya pada ronde ke 4.

Namun saat pertarungan dimulai Ali mulai merasakan kehebatan kekuatan dari Hun'Ya, untuk pertama kalinya ia merasakan sakitnya pukulan keras dari lawannya.
Sementara itu Superman yang telah pulih dari cederanya, kemudian menyamar sebagai staff pelatih Ali dengan nama  Bundini Brown. Diam-diam Superman menyabot armada pasukan Scrubb.

Namun Superman yang masih cedera, kemudian kembali tergeletak tak berdaya sebelum menuntaskan misinya. Dilain tempat, Muhammad Ali yang terdesak, mulai mendapatkan kembali kekuatannya dan menemukan titik lemah dari Hun'Ya, pertarungan kemudian kembali dimenangkan oleh Ali pada ronde ke 4 seperti yang sudah diprediksikannya sendiri. Ali bukan hanya menang KO, namun berhasil memukul lawannya hingga keluar dari ring.

Rat'Lar yang frustasi meratap sedih dan berniat mengingkari janjinya dengan tetap akan menyerang bumi meskipun jagoannya telah dikalahkan. Meski mendapati bahwa sebagian armadanya telah disabotase, Rat'Lar tetap berniat menyerang bumi dengan armada yang masih tersisa.

Hun'Ya yang telah pulih merasa marah dengan rencana licik dan tidak sportif dari Rat'Lar, maka dengan tangannya sendiri Hun'Ya menjatuhkan Rat'Lar dan mengirimkannya ke penjara. Maka penyerbuan ke bumi pun bisa dibatalkan, sekali lagi bumi selamat dari ancaman alien. Hun'Ya yang mengambil alih tampuk kepemimpinan, kemudian menyepakati perdamaian dengan Ali, Superman dan planet bumi.

Diceritakan juga bahwa Ali sempat mengetahui identitas sebenarnya dari Superman yaitu Clark Kent, namun Ali bersumpah untuk tetap menjaga rahasia tersebut sampai mati. Komik diakhiri dengan pernyataan dari Ali: "Superman, WE are the greatest!"
.

Buku laris ini diproduksi ulang dengan sampul tebal (hardcover) pada tahun 2010, dan masih beredar hingga kini, namun entah apakah penerbit di Indonesia juga menerbitkannya atau tidak.
Bagaimana? Anda berminat?

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Superman VS Muhammad Ali, Tokoh Fiksi Melawan Petinju Tulen”


Post a Comment