Friday, August 17, 2012

X-51A WaveRider Pesawat Bertenaga Hidrogen, Tercepat Didunia Saat Ini


www.AstroDigi.com

Kompas.com | Selasa, 14 Ags 2012 |Sebuah pesawat jet hipersonik bergaya Thunderbirds dikembangkan untuk penerbangan militer jarak jauh di masa depan. Pesawat bernama X-51A WaveRider itu menggunakan mesin revolusioner yang bisa membuatnya menempuh jarak dari Sabang sampai Merauke dalam waktu kurang dari 1 jam.

Pada Selasa (14/8/2012), pesawat ini diujicobakan. Pesawat akan diterbangkan dari Edwards Air Force Base di Gurun Mojave, California, dengan bomber wing. Kemudian, jet akan dilepaskan dari ketinggian 15,24 km di dekat tanjung Point Mugu.

www.AstroDigi.com


Setelah dilepaskan, mesin dalam pesawat akan mulai bekerja dan membuat pesawat bergerak hingga 4,5 Mach atau 5.513 km per jam dalam beberapa detik. Jika semua berjalan lancar, pesawat bisa bergerak hingga kecepatan 6 Mach atau 7.350 km per jam dan naik ketinggiannya mencapai 21,34 km.

www.AstroDigi.com


Misi ini akan berlangsung selama 300 detik, penerbangan pesawat terlama yang dialami pesawat tersebut. Setelah itu pesawat akan "ditabrakkan" ke laut dan tidak ada rencana untuk menyelamatkan pesawat hebat tersebut.

www.AstroDigi.com


Proyek pengembangan pesawat hipersonik ini didanai oleh NASA dan Pentagon. Diharapkan, pesawat dapat digunakan untuk kepentingan militer di masa depan. Menurut Globalsecurity.org, dana yang dibutuhkan mencapai 89 juta poundsterling.

Mengapa pesawat secepat itu? Ada rahasianya. Screamjet ini merupakan pesawat airbreathing karena pesawat ini tidak membawa bahan bakar dan oksigen, tetapi hanya membawa bahan bakar berupa hidrogen dan "menarik" oksigen yang dibutuhkan untuk membakarnya di atmosfer.

Udara akan masuk ke bagian depan mesin dan hidrogen akan diinjeksikan ke dalam aliran udara itu. Gas yang dikompresi menyebabkan suhu naik dan pembakaran terjadi. Ini menghasilkan dorongan yang memungkinkan jet melakukan perjalanan pada kecepatan tinggi.

Pengembangan pesawat ini sejalan dengan pengembangan pesawat masa depan, pesawat supersonik dengan kecepatan lebih dari 5 kali kecepatan suara. Pengembangan supersonik sama halnya dengan evolusi dari pesawat yang digerakkan baling-baling menjadi pesawat jet.

Robert Mercier, deputi teknologi sistem kecepatan tinggi di Air Force Research Laboratory di Ohio, seperti dikutip Daily Mail hari ini mengatakan, "Sejak Wright Brothers, kita terus berusaha mengembangkan pesawat yang lebih baik dan lebih cepat. Hipersonik adalah salah satu yang potensial dalam penerbangan."

Saat ini, pesawat penumpang tercepat adalah Cessna Citation X yang mampu mencapai kecepatan 1.126 km per jam atau 0,9 Mach, meski cuma mengangkut 7 penumpang. Pesawat lain adalah Falcon 7X dengan kecepatan 1.102 km per jam serta Gulfstream G550 dengan kecepatan 1.086 km per jam.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

3 comments to “X-51A WaveRider Pesawat Bertenaga Hidrogen, Tercepat Didunia Saat Ini”

ninest123 08.04
nike free, michael kors outlet, oakley sunglasses, true religion jeans, polo ralph lauren outlet, louboutin outlet, louboutin shoes, kate spade outlet, ray ban sunglasses, replica watches, prada handbags, tiffany and co, coach factory outlet, kate spade handbags, christian louboutin outlet, michael kors outlet, longchamp outlet, coach outlet, burberry, nike outlet, chanel handbags, michael kors outlet, oakley sunglasses, burberry outlet online, longchamp, michael kors outlet, polo ralph lauren outlet, coach outlet, coach purses, longchamp outlet, ray ban sunglasses, tory burch outlet, gucci outlet, tiffany jewelry, nike air max, michael kors, oakley sunglasses, michael kors outlet, louboutin, nike air max, jordan shoes, prada outlet

Unknown said...
on 

new balance pas cher, north face, ray ban uk, louboutin pas cher, nike air max, hollister, tn pas cher, hollister pas cher, nike free, michael kors, vans pas cher, hermes, sac guess, air jordan pas cher, air max, true religion jeans, lacoste pas cher, ralph lauren pas cher, converse pas cher, vanessa bruno, ralph lauren uk, air force, michael kors, mulberry, nike free run uk, michael kors, nike air max, nike air max, sac longchamp, timberland, true religion outlet, oakley pas cher, true religion jeans, burberry, nike blazer, nike roshe run, lululemon, abercrombie and fitch, ray ban pas cher, north face, longchamp pas cher, hogan

Unknown said...
on 

marc jacobs, coach outlet, ugg boots, ray ban, karen millen, louboutin, replica watches, ugg boots uk, swarovski, toms shoes, uggs on sale, links of london, gucci, ugg boots, juicy couture outlet, hollister, thomas sabo, ralph lauren, lancel, ugg,ugg australia,ugg italia, pandora charms, converse, ugg,uggs,uggs canada, bottes ugg, ugg boots, montre pas cher, converse outlet, hollister, swarovski crystal, pandora charms, ugg pas cher, juicy couture outlet, supra shoes, wedding dresses, vans, pandora jewelry, nike air max, ugg boots
ninest123 08.04

Unknown said...
on 

Post a Comment