Monday, December 12, 2011

Mau Tau Sarapan Yang Sehat? Ini Aturannya . .


www.AstroDigi.com

Inilah.com | Jumat, 9 Des | Sarapan atau makan pagi penting untuk dilakukan. Alasannya karena saat tidur selama kurang lebih 8 jam tidak ada makanan yang masuk dalam tubuh, sedangkan aktivitas seperti bernafas, bergerak atau aktivitas ringan lain tetap berjalan.

Akibatnya kadar gula dalam tubuh sangat rendah. Sedangkan pagi hari aktivitas fisik mulai berjalan, seperti melakukan perjalanan ke kantor, berpikir atau perlunya konsentrasi agar dapat melakukan kegiatan dengan baik. Semua ini memerlukan adanya energi dan energi didapatkan dari makanan yang disantap.

Dengan menyantap makanan yang baik, akan membuat tubuh akan merasa kenyang dan akan membangkitkan semangat untuk melakukan aktivitas.

Seperti apa aturan sehat untuk sarapan pagi?

Pantang dilewatkan

Sarapan akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang sebelumnya lambat karena aktivitas tidur. Sarapan juga membantu menjaga berat badan. Jadi, sebisa mungkin jangan lewatkan sarapan supaya tubuh lebih berenergi, otak lebih prima, dan berat badan terjaga.

Lakukan tepat waktu

Waktu terbaik untuk sarapan yaitu satu jam setelah bangun tidur. Jadi janganlah menundanya, kecuali Anda hendak berolahraga pagi. Jika begitu, sarapanlah dengan sarapan berprotein dan karbohidrat.

Harus mengandung serat dan protein

Mengasup serat dan protein untuk sarapan akan membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi daripada mengunyah gula-gula yang malah membuat tubuh merasa lemas dan cepat lapar, makanlah makanan berserat dan berprotein.

Stop minum kopi terlalu banyak!

Secangkir kopi di pagi hari memang diakui memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan konsentrasi.

Namun, jangan meminumnya berlebihan, cukup minum 1-2 cangkir saja. Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan rasa cemas dan tekanan darah tinggi. Coba ganti kopi di cangkir kedua dengan teh hijau.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Mau Tau Sarapan Yang Sehat? Ini Aturannya . .”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...