Thursday, December 8, 2011

Lingodroid Project, Cikal Bakal Robot Yang Mampu Berkomunitas


www.AstroDigi.com

Inilah.com | Kamis, 15 Sep 2011 | Di film Terminator, komputer ‘sadar diri’ kemudian memulai perang mimpi buruk manusia dan mesin. Berbeda, robot saat ini mulai membantu manusia melalui bahasanya sendiri.

“Ketika robot butuh kata baru, mereka akan menciptakannya,” ujar kepala proyek Lingodroid, Hazel Wiles, di University of Queensland seperti dilaporkan Dailymail.

www.AstroDigi.com

Wiles berharap, ‘bahasa’ robot suatu saat akan membuat mereka menjadi perawat lansia.

Bahasa robot kini berevolusi pada titik di mana robot bisa mengatur rencana bertemu dengan robot lain di tempat berbeda, bahkan robot bisa mengobrol.

Sebelumnya, upaya semacam ini, ROILA (Robot Interaction Language), telah dilakukan guna membuat robot mampu berbicara dengan bahasa sederhana agar manusia bisa berbicara dengan robot.

Proyek Lingodroid merupakan upaya pertama membuat robot mampu ‘saling mengajari’ untuk berbicara. ‘Kata’ mereka merupakan gangguan elektronik yang tercipta dari sejumlah suku kata acak yang kemudian ditentukan lokasinya. Nama tempat yang telah tercipta sejauh ini termasuk ‘kuzo’, ‘jaro’, dan ‘fexo’. Tiap lokasi berukuran sekitar beberapa meter.

Lingodroid merupakan robot beroda dua yang menggunakan kamera, sonar dan laser guna memetakan ruang disekitarnya. Bahasa yang terdengar seperti suara tombol ponsel ini disuarakan dengan keras oleh robot menggunakan mikropon dan speaker.

Saksikan pada tayangan video berikut:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Lingodroid Project, Cikal Bakal Robot Yang Mampu Berkomunitas”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...