Saturday, December 17, 2011

Ban Berbahan Dasar Jeruk, Buatan Yokohama


www.AstroDigi.com

Inilah.com | Senin, 13 Jul 2009 | Perusahaan ban asal Jepang Yokohama, melakukan sebuah terobosan baru dengan memproduksi ban ramah lingkungan menggunakan jeruk yang telah diekstrak.

Penggunaan bahan jeruk tersebut untuk mengurangi bahan bakar minyak (sekitar 80%) dalam proses pembuatan.

Ban Super E-spec ini menggabungkan antara ekstrak buah jeruk dan bahan karet alami untuk meminimalisir penggunaan minyak tanpa mengurangi performa ban saat digunakan. Selain itu, ban ini dapat menghemat biaya pengisian angin dan menghemat penggunaan bahan bakar dengan pengurangan 20% rolling resistance, ujar Vice President of Sales Yokohama Dan King.

Ban yang ramah lingkungan ini disebut dengan Super E-Spec dibuat dari campuran bahan karet mentah dengan jeruk ekstrak dimana hasil dan kualitasnya dijamin sama dengan ban biasa.

Super E-Spec yang juga dijamin akan membuat mobil lebih irit dalam penggunaan bahan bakar (BBM) rencananya akan mulai digunakan untuk jenis mobil hybrid seperti Toyota Prius dan lainnya.

Terlepas dari proses pembuatan yang lebih ramah lingkungan, semua pabrikan ban masih mempunyai sebuah masalah yang cukup besar yaitu tentang ban bekas yang sudah tidak terpakai lagi dimana proses pembakaran sebuah ban butuh waktu lama dan tingginya tingkat polusi yang ada.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Ban Berbahan Dasar Jeruk, Buatan Yokohama”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...