Tuesday, December 27, 2011

25 Kali Operasi Laser Menyakitkan Akhirnya Menghapus Tato Diwajahnya


www.AstroDigi.com

Detik.com | Kamis, 3 Nov 2011 | Bryon Widner adalah seorang mantan neo-Nazi yang melukis hampir seluruh bagian tubuhnya dengan simbol-simbol Nazi, seperti kata 'Blood & Honour' di lehernya, 'Thug Reich' di perutnya dan beberapa lambang swastika. Namun cinta telah mengubah sikapnya yang rasis dan ia memutuskan untuk menghilangkan semua tatonya dengan 25 kali operasi laser yang menyakitkan.

Memang tak mudah untuk menghilangkan lukisan yang ada di tubuh alias tato dan Widner harus menjalani 25 operasi laser yang menyakitkan untuk menghilangkan tato yang ada di wajah, tubuh dan tangannya.

www.AstroDigi.com


Kini ia telah berpaling dari rasisme setelah menemukan cinta dan memulai sebuah keluarga. Untuk menghilangkan tato yang ada ditubuhnya, ia telah menghabiskan waktu 16 bulan untuk menjalani 25 kali operasi laser yang menyakitkan.

www.AstroDigi.com


Untuk menghilangkan tato-tato Nazi yang terdapat di wajah, tubuh dan tangannya, Widner menghabiskan biaya 20.000 poundsterling (sekitar Rp 285 juta) yang dibiayai oleh black anti-hate campaigner.

www.AstroDigi.com


"Ini adalah harga kecil yang harus dibayar untuk menjadi manusia lagi," ujar ayah Bryon Widner, seperti dilansir mirror.co.uk, Kamis (3/11/2011).

Widner telah meneliti banyak cara untuk menghilangkan tato, tapi ia tidak memiliki asuransi kesehatan. Ia bahkan pernah mencoba membakar diri ketika mencoba menghilangkan tato dengan larutan asam.

Istrinya Julie kemudian memintanya untuk memohon bantuan pada black anti-hate campaigner, Daryle Lamont Jenkins (43 tahun). Jenkins percaya bahwa Widner yang menghabiskan 4 tahun di penjara untuk kejahatan kebencian (rasis) di Nashville, Tennessee, benar-benar berubah dan membuat dermawan mau membayar biaya operasinya.

Widner akhirnya mulai perawatan penghapusan tato pada tahun 2009. Dr Bruce Shack dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville yang menanganinya mengatakan bahwa ini pertama kalinya ia menghapus begitu banyak tinta tato di wajah.

Setiap beberapa minggu, tangan dan wajah Widner akan terlihat bengkak, terbakar dan melepuh. Bahkan operasi yang membuat Widner menjerit kesakitan telah difilmkan untuk sebuah film dokumenter di TV AS.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)