Thursday, February 10, 2011

Ternyata Ada Kontes Kecantikan Untuk Mereka Yang Pernah Operasi Plastik


www.AstroDigi.com

Detik.com | Kamis, 27 Jan 2011 | Beberapa negara seperti China sudah pernah menggelar kontes kecantikan khusus pasien bedah plastik. Inggris yang baru akan menggelar kontes serupa untuk pertama kalinya pada April mendatang langsung menuai kritik karena dinilai tidak etis.

Kontes yang digagas oleh pengelola klinik bedah plastik di Inggris, Linda Briggs ini menawarkan hadiah menarik bagi pemenang utamanya. Selain mendapat paket tur gratis ke luar negeri, pemenang juga mendapat bonus operasi plastik senilai 3.000 poundsterling atau sekitar Rp 43 juta.

"Ribuan wanita di seluruh dunia telah melakukan operasi plastik, sekarang saatnya untuk merayakan. Cantik alami itu baik, tapi hasil operasi juga sama baiknya," ungkap Linda mengomentari gagasannya tersebut, seperti dikutip dari The Sun, Kamis (27/1/2011).

Namun rencana Linda untuk memberi penghargaan pada tubuh-tubuh hasil permakan itu langsung mendapat kritik tajam. Mantan presiden British Association of Aesthetic Plastic Surgeons (BAAPS), Adam Searle mengatakan ide tersebut sangat tidak etis.

"Memberikan hadiah berupa paket operasi plastik adalah hal yang sulit dipercaya, sangat berbahaya dan benar-benar tidak etis. Prosedur operasi plastik seharusnya didasarkan pada pengambilan keputusan yang baik dan harus mempertimbangkan keamanan pasien," ungkap Searle.

Searle menilai, ketika pasien mengambil keputusan untuk operasi plastik dalam kondisi terpengaruh tren dan keinginan sesaat, maka pasien tersebut berada dalam risiko tinggi untuk menyesal. Bagaimanapun, hasil operasi plastik tidak mudah untuk dikembalikan ke kondisi semula.

Risiko lainnya dari operasi plastik sangat beragam tergantung jenis operasinya. Misalnya pemasangan implan silikon pada payudara bisa bocor sewaktu-waktu dan merusak sistem kekebalan tubuh, sementara sedot lemak bisa menyebabkan ganguan keseimbangan cairan tubuh jika lemak yang disedot terlalu banyak.

Selain Inggris, negara lain yang juga memiliki kontes kecantikan bagi para pasien bedah plastik adalah China. Di negara tersebut, kontestan Miss Plastic Surgery wajib membuktikan diri pernah menjalani suntik hidung, pembesaran payudara, pembesaran pinggul atau sejenisnya.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Ternyata Ada Kontes Kecantikan Untuk Mereka Yang Pernah Operasi Plastik”


Post a Comment