Sunday, February 13, 2011

"Les Machines de l'ile Nantes" Dunia Makhluk Mesin Di Nantes


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Jumat, 11 Feb 2011 | Oleh:Dini Kusmana Massabuau | Pernahkah anda bayangkan berada dalam suatu tempat dimana hanya mesin raksasa berada di sekeliling kita? Dunia imajinasi seperti itu bisa kita temukan di Nantes, Perancis. Tepatnya di Les Machines de l'ile, kepulauan kota Nantes.

Les Machines de l'ile Nantes, sudah menjadi impian anak kami untuk mengunjunginya sejak dirinya mendengar cerita dari kerabat kami yang datang berlibur ke kota kami di Montpellier. Mereka bermukim di Nantes. Dan bercerita bagaikan dunia imajinasi di Machines de l'ile Nantes, bisa membuat kita seakan berada di dunia khayalan.

www.AstroDigi.com


Saat akhirnya kami sekeluarga bisa mendatangi tempat tersebut, tentu saja Adam langsung jingkrak kegirangan.

www.AstroDigi.com


Saya coba hubungi pengurus di sana, untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Karena perjalanan ke Nantes dari Montpellier lumayan jauh, 826 km. Jarak tempuh sekitar 7 hingga 8 jam perjalanan dari kota kami dengan mobil. Dengan kereta lebih repot lagi! Tak ada kereta yang langsung menuju ke Nantes, harus lewat Paris atau kota lainnya. Jadilah kami memilih menggunakan mobil. Dan tentunya harus menginap. Beruntung untuk penginapan kami bisa bermalam di rumah teman.

www.AstroDigi.com


Nantes kota yang indah, hampir mirip dengan Montepellier. Berada 10km dari laut atlantik. Uniknya kota Nantes terpisah oleh sungai La Loire hingga ada istilah kepulauan Nantes dalam kota itu sendiri.

www.AstroDigi.com


Tapi kali ini saya tak ingin bercerita panjang soal kota Nantes yang indah, namun hanya mengenai Machines di kepulauan Nantes. Mengapa? Karena di sinilah dunia imajinasi lahir berbentuk nyata dapat disentuh, dinaiki dan dinikmati oleh pengunjungnya.

www.AstroDigi.com


Selama ini bila kita melihat film dunia hayalan, misalnya, film dengan hewan raksasa dimasa lalu, seperti Jurassic Park dengan dinosaurus atau ular laut raksasa dalam film petualangan...nah! di Machines Nantes inilah yang tadinya hanya bisa dilihat secara fiksi bisa jadi nyata.

www.AstroDigi.com


Les Machines di Kepulauan Nantes adalah sebuah proyek artistik yang luar biasa yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Lahir dari imajinasi Pierre François dan Delarozière Orefice, keduanya merupakan seniman dengan kekayaan imajinasi dan teknik karya seni luar biasa.

www.AstroDigi.com


Dunia khayalan Jules Verne yaitu penulis Perancis yang terkenal dengan kisah petulangannya dipadukan dengan imajinasi dari Leonardo da Vinci, oleh kedua seniman Pierre Francçois dan Delarozière Orefice menjadi benda nyata berupa mesin raksasa. Ide gemilang ini dilaksanakan dalam sebuah tempat di kepulauan Nantes yang tadinya merupakan bekas galangan kapal.

www.AstroDigi.com


Petualangan di luar waktu

Bagaimana menuju ke sana? Tujuan kota yang diambil sudah pasti Nantes. Bisa dengan kereta, paling mudah memang dari Paris, dengan pesawat karena memiliki airport, bus umum dan mobil tentunya. Saran saya setelah berada di sana, sewalah sepeda karena menikmati Kota Nantes dengan sepeda, memungkinkan kita untuk berpindah tempat secara cepat namun jangan lupa peta Kota Nantes selalu harus dibawa. Cara lain yaitu dengan tranportasi umum seperti tram, sangat praktis. Apalagi ada tram yang langsung menuju l'ile de Nantes dengan pemberhentian tak jauh dari Les Machines (mesin). Karena kami datang dengan mobil, untuk cari parkir saja sulitnya bukan main.

www.AstroDigi.com


Jadwal buka untuk 'les machines de l'ile' yaitu bagi publik dari selasa hingga sabtu dan mulai pukul 14.00 hingga 17.00. Kecuali selama musim panas (Juli-Agustus), Senin pun buka dan jamnya pun dimulai dari pukul 10.00-18.00. Harga tiket masuk dari mulai 5,50 euros hingga 7 euros.

www.AstroDigi.com


Kami beruntung saat datang ke sana, salah satu seniman yang turut adil dalam perakitan mesin ini adalah kawan dari teman kami. Hingga saya bisa langsung berbicara banyak untuk mendapatkan info mengenai tempat ini.

www.AstroDigi.com


Menurut mereka, apa yang sekarang dipertunjukan bagi umum, baru sebagian kecil dari proyek yang mereka realisasikan. Karena masih banyak lagi, mesin raksasa yang akan mereka wujudkan. Namun semua itu tergantung kepada kebijaksanaan kota Nantes dalam mengalirkan dana.

www.AstroDigi.com


Menurutnya lagi, imajinasi manusia itu sifatnya tak berakhir, tak ada batasan. Para perancang mesin, membiarkan imajinasi mereka berkeliaran. Mesin pertama yang berhasil dirakit yaitu Gajah raksasa di tahun 2007. Dimana gajah berukuran lebar 8 meter dan ketinggian 12 meter serta berat 50 ton ini, bisa bergerak di jalanan kota, mengangkut sekitar 40 hingga 50 orang dengan kecepatan ¼ km per jam. Gajah yang terbuat dari kayu dan motor mesin penggerak, layaknya seekor gajah, belalainya bisa menyemprotkan air, dan saat si gajah mesin menyemburkan air... jangan ditanya orang yang terkena siramannya, dijamin basah total.

www.AstroDigi.com


David alias Kang Dadang serta anak bungsu kami, terkena semprot si gajah, karena saya ngotot pengen foto mereka berdua depan gajah kayu raksasa yang sedang berjalan. Saya sampai cekikikan melihat rambut mereka basah, tapi tidak bagi mereka apalagi Bazile yang langsung ngambek, melihat ibunya menertawakannya.

www.AstroDigi.com


Selain melihat gajah dan menaikinya, kita bisa melihat galerinya. Di dalam galeri, berbagai hasil rakitan mesin berupa binatang di pertunjukan bagi pengunjung. Yang asiknya yaitu, pengunjung bisa mencobanya, menaiki hingga menjalaninya! Tapi kita tak dibiarkan bebas begitu saja, selalu ada orang yang menjaga mesin tersebut untuk menenerangkan terlebih dahulu mengenai sejarah hingga proses pembuatan mesin itu baru kemudian menawarkan kepada pengunjung untuk mencobanya.

www.AstroDigi.com


Adam si sulung, mencoba sebuah mesin ular laut, untuk menggerakan mesin ini dibutuhkan 6 orang, dan mereka mengaku terpesona dengan teknik moderen yang berhasil digarap oleh para perancang mesin.

www.AstroDigi.com


Rupanya mesin-mesin seperti ini terkadang digunakan dalam teknik film petualangan. Waktu saya tanya untuk membangun sebuah mesin itu dibutuhkan berapa lama? "Satu mesin kecil, bisa dihitung sekitar 2 tahun," jawab salah satu pengurus. Dan mesin kecil itu berupa kura-kura sebesar manusia. Jadi bisa dibayangkan mesin raksasa lainnya membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun.

www.AstroDigi.com


Kita juga bisa melihat atelier pembuatan mesin. Hanya terkadang atelier atau bahasa indonesianya yaitu bengkel kerja, sebagian ditutup bagi publik. Saya diperbolehkan masuk karena orang yang bekerja mengenal kami dan kedua saya katakan jika maksud saya adalah membuat berita soal tempat ini. Hanya sayang, saat itu hari libur hingga tak ada mesin yang sedang dikerjakan. Dan proyek yang sedang mereka garap saat itu adalah komedi putar raksasa.

www.AstroDigi.com


Menurut mereka, hewan-hewan yang berada dalam galeri tadi nantinya akan menjadi bagian dari komedi putar. Saat komedi putar berjalan, maka para pengunjung bisa sekaligus menggerakan binatang-binatang mesin tersebut. Kepala saya sedikit pusing memikirkan ide luar biasa yang diungkapannya. Karena saat mereka menerangkan ide-ide garapa mereka, rasanya saya benar-benar sedang berada dalam dunia khayal.

www.AstroDigi.com


Teman kami menerangkan, "Kamu lihat kan komedi putar depan les machines.. Nah bayangkan saja nantinya akan terdapat jauh lebih besar dan lebih spektakuler dari contoh yang ada di sana". Dia berkata sambil menunjukkan mesin berputar yang sudah jadi, dimana anak-anak bisa menaikinya. Saat itu sulit bagi saya mencernanya. Membayangkan berbagai mesin raksasa berputar bagaikan sebuah mainan.

www.AstroDigi.com


Tapi tambahnya, ada satu proyek yang boleh dibilang akan menjadi maha karya hasil dari para perancang di sini, yaitu pohon raksasa. Para perancang baru dapat merealisasikan sebagian kecil dari cabang pohon. Karena rancangan yang akan mereka jadikan nyata yaitu sebuah pohon raksasa setinggi 28 meter dengan diameter 45 meter. Karya yang masih dalam garapan ini bernama l'Arbre aux Hérons (pohon bangau).

www.AstroDigi.com


Tentu saja nama ini juga merupakan nama imajinasi. Karena pohon raksasa ini nantinya di puncak dahannya akan terdapat dua bangau raksasa dengan sayap yang bisa mengangkut para pengunjung. Pengunjung akan dibawa kedalam dunia imajinasi serasa terbang dibawah kepakan sayap bangau! Di dalam galeri, sebenarnya ada satu dahan dari pohon bangau ini yang sudah jadi, di mata saya ukurannya sudah raksasa. Jadi membayangkan bila nantinya pohon bangau ini terwujudkan, tentunya akan menjadi maha karya luar di dunia mainan bagi saya!

www.AstroDigi.com


Kesimpulan yang saya bisa ambil selama berada di tempat ini adalah, seperti pintu ke dunia impian dengan perjalanan ajaib, dalam suatu pulau misterius seolah-olah kita kembali ke waktu ketika kapal berlayar untuk melakukan perjalanan khayal ke seluruh dunia.

Saksikan pada tayangan video berikut:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

4 comments to “"Les Machines de l'ile Nantes" Dunia Makhluk Mesin Di Nantes”

ninest123 08.21
michael kors outlet, ray ban sunglasses, louboutin outlet, burberry outlet, christian louboutin, longchamp outlet, michael kors outlet, oakley sunglasses cheap, michael kors outlet, ray ban sunglasses, michael kors outlet, nike free, longchamp handbags, oakley sunglasses, coach outlet, burberry outlet, louboutin, kate spade handbags, longchamp handbags, tiffany and co, coach purses, air max, chanel handbags, prada outlet, nike shoes, tiffany and co, polo ralph lauren, polo ralph lauren outlet, true religion jeans, true religion jeans, tory burch outlet, michael kors outlet, rolex watches, jordan shoes, michael kors outlet online sale, oakley sunglasses, kate spade outlet, prada handbags, gucci outlet, coach factory outlet, louboutin shoes, true religion outlet, coach outlet store online, air max

ninest123 Ninest said...
on 

oakley pas cher, timberland, air jordan, louboutin, nike air force, michael kors uk, michael kors pas cher, mulberry, lululemon outlet online, nike free, nike roshe run pas cher, vans pas cher, true religion outlet, sac longchamp pas cher, air max, ralph lauren, sac burberry, michael kors, hollister, longchamp, nike trainers, nike huaraches, air max pas cher, ray ban sunglasses, air max, nike air max, hollister, hogan outlet, sac guess, nike tn, new balance pas cher, longchamp, ray ban pas cher, nike blazer, converse pas cher, north face, polo lacoste, nike free pas cher, vanessa bruno, sac hermes, north face, polo ralph lauren, abercrombie and fitch, nike roshe

ninest123 Ninest said...
on 

baseball bats, beats by dre, hollister, celine handbags, p90x, mont blanc, north face jackets, instyler, mcm handbags, babyliss pro, louboutin, wedding dresses, valentino shoes, birkin bag, giuseppe zanotti, mac cosmetics, north face outlet, air max, reebok outlet, lululemon outlet, oakley, ghd, soccer jerseys, vans, new balance shoes, nfl jerseys, abercrombie, abercrombie and fitch, iphone cases, timberland boots, hollister clothing store, herve leger, nike roshe run, ralph lauren, insanity workout, vans shoes, soccer shoes, jimmy choo outlet, asics running shoes, chi flat iron, converse, air max, ferragamo shoes, bottega veneta

ninest123 Ninest said...
on 

louis vuitton, louis vuitton outlet stores, uggs, sac louis vuitton, ugg, supra shoes, pandora charms, juicy couture outlet, thomas sabo, converse shoes, hollister, ugg boots, marc jacobs, karen millen, cheap uggs, louis vuitton outlet, louis vuitton handbags, juicy couture, swarovski, swarovski crystal, gucci, louis vuitton, sac louis vuitton, louis vuitton, ugg boots clearance, ray ban, links of london, ugg, toms shoes, ugg pas cher, rolex watches, wedding dresses, doke gabbana, ugg outlet, pandora jewelry, coach outlet store online, uggs outlet, louis vuitton outlet, pandora charms, louis vuitton uk, ugg, sac lancel, montre homme
ninest123 08.21

ninest123 Ninest said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...