Saturday, February 26, 2011

Hindari Sakit Akibat Pengunaan Komputer!


www.AstroDigi.com

Astaga.com | 26 Jan 2010 | Zaman sekarang ini hampir seluruh bidang pekerjaan menggunakan komputer sebagai sarana yang memudahkan pekerjaan. Di satu sisi, komputer memang membantu meringankan pekerjaan, namun di sisi lain ternyata bekerja menggunakan komputer terutama hampir sepanjang waktu dapat memunculkan berbagai gejala penyakit yang misterius.

ilustrasiMasalah ini umumnya dikenal sebagai Repetitive Strain Injury atau RSI.

Repetitive Strain Injuries (RSI) merupakan cedera (akibat) aktivitas berulang pada jaringan lunak sekitar persendian.

Siapa saja yang dapat mengalaminya? Ternyata semua orang bisa mengalaminya jika menggunakan komputer secara berlebihan.

Bila Anda memakai komputer secara teratur lebih dari dua jam per hari, jika anda seorang yang kelebihan berat badan, diabetes atau radang sendi, memiliki postur tulang belakang yang kurang baik, duduk untuk waktu yang lama, dan merokok, Anda berisiko tinggi mengalami RSI.

Gejala RSI sangat tidak kentara di mana 80 persen orang mengalaminya, bahkan mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan.

Untuk mengetahui apakah Anda memilikinya, ada gejala umum yang biasa menyertai seperti kelelahan, lemah, daya tahan yang menurun, kurang konsentrasi, tangan dingin, menghindari aktivitas, olah raga dan lain-lain.

Penempatan kursi, meja, mouse, keyboard dan layar komputer yang benar akan membantu membuat perubahan dalam mencegah RSI.

Berikut beberapa tips yang dapat membebaskan Anda dari RSI.

1. Area Komputer
Biarkan area komputer di kantor Anda teratur. Alat-alat yang sering Anda gunakan sebaiknya dekat dengan Anda sehingga Anda tidak sulit menjangkaunya.

Hindari memasukan sesuatu di bawah meja yang akan menggangu Anda saat merentangkan kaki.

2. Duduk dengan posisi yang baik
Ketika anda duduk, tempatkan pantat anda tepat di kursi. Duduk tegap dan cobalah untuk menjaga pinggul, bahu dan telinga dalam posisi lurus.

3. Kaki sebaiknya menyetuh lantai
Jika kaki tidak menyentuh lantai, rendahkan kursi Anda. Jika kursi Anda tidak bisa direndahkan atau jika Anda berada pada posisi di mana anda menghadap monitor, pertimbangkan untuk memakai sandaran kaki.

4. Posisi Monitor
Monitor harus ditempatkan di mana bagian atas monitor berada tepat di mata dan langsung berhadapan dengan Anda. Jarak antara anda dengan monitor kira-kira 15-30 inch. Gunakan panjang lengan Anda sebagai petunjuk umum.

5. Istirahat dan ganti posisi
Jalan-jalan sebentar dapat mengurangi stress dan ketegangan pada otot dengan melentangkan badan akan membuat perbedaan yang besar dalam bagaimana Anda merasakan.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Hindari Sakit Akibat Pengunaan Komputer!”


Post a Comment