Friday, October 2, 2009

Panas Tinggi Berhari-hari . . Waspadalah!




Gambar diambil dari: www.pediatrics.wisc.edu

Apabila anak anda mengalami panas tinggi hingga berhari-hari lamanya, dan berbagai obat telah diberikan namun panas badan tdak kunjung turun, maka waspadalah . . . ada kemungkinan anak anda menderita penyakit Kawasaki atau lebih dikenal dengan KAWASAKI DISEASE.
Kawasaki Disease ditemukan oleh Dr Tomisaku Kawasaki di Jepang tahun 1967 dan saat itu dikenal sebagai mucocutaneous lymphnode syndrome.

Seperti semua penyakit autoimmune (secara awam dapat dijelaskan sebagai suatu kondisi dimana kekebalan tubuh tidak bisa mengenali mana yang jahat dan mana yang baik), penyebab penyakit Kawasaki adalah faktor keturunan dan lingkungan, mungkin mencakup suatu infeksi/peradangan. Penyebab yang spesifik dari penyakit ini belum diketahui secara pasti, sampai saat ini masih menjadi perdebatan dikalangan kedokteran mengenai apakah penyebabnya adalah suatu unsur konvensional antigenic atau suatu superantigen.

Tanpa penanganan cepat dapat mengakibatkan koroner jantung membengkak, dan kerusakan pada organ jantung ini dapat mengakibatkan kematian.
Putera dari aktor terkenal John Travolta, Jett Travolta yang meninggal di Bahama pada saat liburan awal tahun 2009 lalu, adalah salah satu korban dari Kawasaki Disease ini.

Repotnya, di Indonesia, tidak banyak dokter yang paham betul mengenai penyakit ini, karena memang masih angka penderitanya masih tergolong rendah.
Dari beberapa media cetak, untuk wilayah Jakarta saya mendapatkan nama Dr.Najib Advani, sebagai salah satu dokter yang ahli dibidang penyakit ini.



Selain panas berhari-hari, gejala lainnya adalah: bercak merah diseluruh badan (tampak jelas biasanya pada mulut dan lidah), kemudian saat rontgent biasanya ditemukan flek, dan dari hasil uji darah biasanya menunjukkan laju kenaikan trombosit yang kelewat tinggi, pengelupasan kulit jari.

Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda, sebarkan pada keluarga, teman dan orang-orang yang anda cintai.
Tayangan video yang luar biasa berikut ini, menunjukkan dengan sangat baik, bagaimana akibat dari Kawasaki Disease. . .



www.AstroDigi.com ( Nino Guevara Ruwano )

Comments :

2 comments to “Panas Tinggi Berhari-hari . . Waspadalah!”

Artikel yang bagus and salam kenal..

Lulus Sutopo said...
on 

Salam kenal balik mas . . . terimakasih atas comment-nya

Nino - AstroDigi.com

Nino said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...