Friday, January 13, 2012

Waktu, Kesehatan dan Harta


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | Sabtu, 18 Apr 2009 | Pada saat berkendara di jalanan pasti anda pernah berjumpa atau bahkan menyusuri jalan searah. Pada saat anda menyusuri jalan searah anda hanya bisa maju terus (pantang mundur) ke satu arah yang ditentukan saja, tidak bisa berbalik lagi.

Dalam kehidupan kita banyak hal yang sifatnya seperti jalan searah, diantaranya adalah waktu dan kesehatan, dua hal yang akan saya bahas lebih lanjut.

Waktu tidak bisa ditarik mundur, dan hal-hal yang sudah terlewat tidak dapat kita ulangi lagi. Banyak manusia yang menyepelekan atau bahkan “sangat menyepelekan” sesuatu yang bernama “waktu” ini. Secara umum manusia sering mengisi waktunya dengan hal-hal yang tidak berguna, dan juga sering juga melakukan hal-hal buruk baik dalam perbuatan maupun perkataan, tanpa dipikirkan lagi bahwa perbuatan salah atau kata-kata keliru yang sudah keluar, seiring dengan berjalannya waktu akan menimbulkan akibat yang merugikan, dimana untuk memperbaikinya lagi dibutuhkan lagi “waktu”, sehingga terbuang lagi “jatah” waktu yang kita miliki. Bahkan kadangkala akibat yang merugikan tersebut tidak dapat diperbaiki lagi.

Kesehatan juga adalah hal yang merupakan jalan searah, namun secara umum manusia tidak menghargai kesehatan. Secara umum manusia merasa malas untuk menjaga kesehatan tubuhnya, dan banyak yang berpikir “nanti saja” untuk urusan kesehatan. Padahal tubuh yang sudah pernah sakit dalam waktu lama tidak dapat disehatkan secara optimal kembali. Tubuh yang sudah rusak atau melemah tidak dapat dikuatkan kembali ke kondisi puncaknya.

Berbeda dengan “waktu” dan “kesehatan”, kalau sudah berbicara mengenai “harta” wah . . . secara umum manusia justru menganggapnya sebagai hal yang tidak dapat ditunda lagi, kesempatan meraih dan mendapatkan harta seringkali mengabaikan kehilangan waktu dan kesehatan. Padahal mencari harta, bukanlah jalan searah. Manusia bisa saja pas-pasan pada masa mudanya dan mulai kaya pada usia yang cukup lanjut, atau puncak perolehan hartanya dicapai pada usia yang sudah tidak lagi muda. Tapi tidak mungkin ada manusia yang penyakitan terus menerus pada masa mudanya, dapat memperoleh puncak kesehatan pada masa tuanya.

Saya sudah berjumpa dengan beberapa orang yang pada masa mudanya membiarkan kesempatan/peluang bisnis lewat begitu saja, sehingga pada masa mudanya hidupnya tidak tergolong kaya. Tapi pada usia yang sudah terbilang cukup lanjut (diatas 50 tahun) orang tersebut mulai mengejar kesempatan untuk memperoleh harta yang lebih, dan ternyata berhasil. Orang tersebut kini mempunyai penghasilan dan harta yang lebih dari cukup dan dapat digolongkan sebagai “orang kaya”.

Tapi BELUM PERNAH . . saya ketahui, baik secara langsung maupun hanya melalui berita, ada orang yang pada masa mudanya menyia-nyiakan kesehatannya (misalnya dengan makan tidak teratur, istirahat kurang, malas olah-raga-teratur, membiarkan tubuhnya gembrot atau terlalu ceking, membiarkan perutnya membuncit, mengisi paru-parunya dengan asap rokok, minum minuman keras, dan lain sebagainya sehingga tubuhnya menjadi rusak dan tua lebih cepat), dapat kembali muda dan mencapai kesehatan optimal setelah pada usia yang cukup lanjut (diatas 50 misalnya) menyehatkan kembali tubuhnya. Sekali lagi BELUM PERNAH, dan saya yakin sampai kapanpun tidak akan ada!! Karena kesehatan sifatnya maju terus pantang mundur, seperti jalan searah. Tubuh yang sudah tua tidak dapat kembali muda, tubuh yang melemah tidak dapat kembali mencapai kondisi optimal.

Kesehatan terikat dengan waktu, sehingga setiap perubahan tidak dapat diulang kembali. Seharusnya setiap manusia harus mempunyai moto SEHAT HARUS SEKARANG, KAYA BOLEH NANTI. Karena kesempatan sehat tidak ada secara terus menerus dalam hidup manusia, sedangkan kesempatan untuk kaya, selalu ada dan dapat diciptakan kapan saja tanpa ada batas usia. Tidak benar kalau orang berpikiran hanya bisa kaya kalau muda, karena kalau tua nanti sudah tidak bisa kaya lagi. Ini pemikiran ngawur . . Manusia “bebas dan bisa” kaya kapanpun Tuhan memberinya kesempatan, kapan saja tanpa batasan usia dan waktu.

Lewat tulisan ini saya mengajak anda semua saudara-saudaraku untuk memikirkan kembali pemanfaatan waktu yang tersedia, ingat waktu adalah mutlak milik Tuhan, jadi manfaatkan selagi kita berkesempatan memilikinya. Dan mulailah untuk hidup secara SEHAT dan bersih, karena kesehatan, kekuatan dan kemudaan hanya bisa diperoleh secara optimal pada usia muda, dan dimiliki lebih lama bila terus dijaga. Kalau anda berpikir “nanti saja” terus KAPAN anda memulainya?? Makin ditunda makin tua, makin hilang kesempatan, dan makin malas untuk memulainya. OK . . . .?!

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

4 comments to “Waktu, Kesehatan dan Harta”

ninest123 08.04
nike free, michael kors outlet, oakley sunglasses, true religion jeans, polo ralph lauren outlet, louboutin outlet, louboutin shoes, kate spade outlet, ray ban sunglasses, replica watches, prada handbags, tiffany and co, coach factory outlet, kate spade handbags, christian louboutin outlet, michael kors outlet, longchamp outlet, coach outlet, burberry, nike outlet, chanel handbags, michael kors outlet, oakley sunglasses, burberry outlet online, longchamp, michael kors outlet, polo ralph lauren outlet, coach outlet, coach purses, longchamp outlet, ray ban sunglasses, tory burch outlet, gucci outlet, tiffany jewelry, nike air max, michael kors, oakley sunglasses, michael kors outlet, louboutin, nike air max, jordan shoes, prada outlet

ninest123 Ninest said...
on 

new balance pas cher, north face, ray ban uk, louboutin pas cher, nike air max, hollister, tn pas cher, hollister pas cher, nike free, michael kors, vans pas cher, hermes, sac guess, air jordan pas cher, air max, true religion jeans, lacoste pas cher, ralph lauren pas cher, converse pas cher, vanessa bruno, ralph lauren uk, air force, michael kors, mulberry, nike free run uk, michael kors, nike air max, nike air max, sac longchamp, timberland, true religion outlet, oakley pas cher, true religion jeans, burberry, nike blazer, nike roshe run, lululemon, abercrombie and fitch, ray ban pas cher, north face, longchamp pas cher, hogan

ninest123 Ninest said...
on 

mont blanc, celine handbags, mcm handbags, vans shoes, valentino shoes, baseball bats, nike air max, longchamp, nike huarache, nike trainers, nike roshe, nike roshe, new balance, timberland boots, nfl jerseys, p90x workout, lululemon, ghd, bottega veneta, asics running shoes, north face outlet, hollister, reebok shoes, hollister, soccer jerseys, north face outlet, giuseppe zanotti, beats by dre, soccer shoes, insanity workout, chi flat iron, wedding dresses, iphone 6 cases, oakley, abercrombie and fitch, babyliss, ferragamo shoes, herve leger, jimmy choo shoes, mac cosmetics, instyler, birkin bag

ninest123 Ninest said...
on 

marc jacobs, coach outlet, ugg boots, ray ban, karen millen, louboutin, replica watches, ugg boots uk, swarovski, toms shoes, uggs on sale, links of london, gucci, ugg boots, juicy couture outlet, hollister, thomas sabo, ralph lauren, lancel, ugg,ugg australia,ugg italia, pandora charms, converse, ugg,uggs,uggs canada, bottes ugg, ugg boots, montre pas cher, converse outlet, hollister, swarovski crystal, pandora charms, ugg pas cher, juicy couture outlet, supra shoes, wedding dresses, vans, pandora jewelry, nike air max, ugg boots
ninest123 08.04

ninest123 Ninest said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...