Thursday, July 14, 2016

Mengganti Default Program Untuk Membuka File

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 14 Jul 2016 | Setiap kali sebuah file di-klik oleh user maka file tersebut akan terbuka (dieksekusi) oleh program/aplikasi yang sesuai dengan format file tersebut. Misalnya apabila user mengklik sebuah file berformat MS Excel (.XLS atau .XLSX) maka program MS Excel akan otomatis membuka file tersebut. Demikian juga untuk file-file dalam format yang lain juga berlaku hal yang sama. Misalnya sebuah file multimedia berformat .MP4, bila diklik akan membuat aplikasi yang dapat menjalankan file tersebut membukan dan menjalankan file tersebut.

Apabila user memiliki lebih dari satu program/aplikasi yang dapat menjalankan program, maka apabila secara “default” Windows tidak memilihkan program yang tepat untuk membukanya, maka user dapat mengganti sendiri default program untuk membuka file tersebut.

Sebagai contoh misalnya file .MP4. Biasanya Windows akan memilih “Video” aplikasi pemutar video bawaan Windows untuk membuka file tersebut. Padahal banyak user biasanya lebih merasa nyaman menggunakan “Windows Media Player” sebagai pemutar video (WMP merupakan pemutar video yang sudah ada sejak Windows 95).
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Untuk mengganti default program ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.    Klik kanan pada file yang akan diatur default program-nya
2.    Pilih Open With > Choose Default Program . Klik pada pilihan Choose Default Program tersebut
3.    User tinggal memilih program/aplikasi mana yang ingin digunakan untuk membuka file tersebut, misalnya dalam contoh kasus ini dipilih Windows Media Player
4.    Klik OK
5.    Aplikasi akan membuka file tersebut, dan untuk seterusnya file dengan format yang sama akan dibuka oleh aplikasi yang sudah terpilih sebagai “default” tersebut. Perhatikan icon dari file-file yang bersesuaian dengan aplikasi tersebut iconnya akan berubah.

SELESAI

Cara yang sama dapat digunakan untuk mengganti default program untuk file-file dalam format yang lain juga. Misalnya apabila user mempunyai aplikasi Adobe Acrobat Reader dan aplikasi Foxit Phantom PDF untuk membuka file berformat .PDF, maka user dapat menentukan program/aplikasi yang mana yang akan digunakan untuk membuka file berformat .PDF tersebut.

Akhir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)