Sunday, February 4, 2018

Irfan View, Aplikasi Alternatif Pengganti Windows Photo Viewer Yang Disembunyikan Di Windows 10

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 4 Feb 2018 | Selepas Windows 7, aplikasi Windows Photo Viewer yang biasanya dapat dipergunakan oleh user untuk menampilkan gambar tidak lagi terlihat di menu. Sesungguhnya aplikasi tersebut belum dihilangkan oleh Microsoft, hanya disembunyikan saja, dan dapat dimunculkan kembali dengan mengatur registry.

Bagi pengguna Windows yang tidak suka dengan jalan keluar yang terlalu "teknis" tersebut, tidak perlu merasa khawatir, ada aplikasi yang dapat memberikan fasilitas serupa, bahkan menurut saya pribadi malah lebih bagus performanya dibandingkan dengan Windows Photo Viewer, yaitu Irfan View.


Irfan View dapat di-download secara gratis di:
http://www.irfanview.com/main_download_engl.htm

Salah satu keunggulan Irfan View yang saya suka adalah kemampuannya dalam mem-preview file .PSD (file Photoshop), sehingga file dapat dilihat tanpa harus membuka aplikasi Photoshop yang memerlukan waktu loading lebih lama. Keunggulan lain yang juga memikat, adalah kemampuan Irfan View untuk menampilkan "thumbnails", yaitu sekelompok gambar yang sudah tampil dengan preview berukuran kecil.

Cara termudah untuk membuat Irfan View menjadi menjadi aplikasi "default" untuk membuka file gambar, adalah buka folder Windows dimana file gambar berada, klik-kanan pada file yang bersangkutan, kemudian pada popup-menu yang tampil, pilih Open with > Choose another app.
Pada window berikutnya yang tampil pilih Irfan View, dan contreng checkbox: Always use this app to open.

Dengan langkah diatas, maka setiap kali membuka file gambar dengan extension yang sama akan otomatis dibuka dengan aplikasi Irfan View. Ulangi lagi langkah diatas untuk file gambar dengan extension yang berbeda, agar semua file gambar dapat dibuka oleh Irfan View secara "default".

Akhir kata, selamat mencoba aplikasi ini, dan selamat beraktifitas di akhir pekan .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Irfan View, Aplikasi Alternatif Pengganti Windows Photo Viewer Yang Disembunyikan Di Windows 10”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...