Friday, January 5, 2018

Memindahkan Data Secara Manual Pada HP Android Untuk Membebaskan Memori Internal, Agar Smartphone Dapat Kembali Berfungsi Optimal

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 5 Jan 2018 | Para pengguna HP (handphone /smartphone) ber-OS Android yang sudah berulang kali merasakan pergantian versi (biasanya juga sudah berulang kali berganti HP pula), akan mendapati bahwa sejak versi 4.4 dirilis, memori internal HP menjadi cepat penuh, dan akibatnya HP akan melambat bahkan kadang lumpuh total saat data pada memori internal menumpuk.

Memang sejak versi 4.4 atau biasa dikenal juga dengan Android KitKat terjadi perubahan mendasar pada manajemen memorinya, yaitu dengan menghilangkan kemampuan HP untuk melakukan instalasi aplikasi pada memori eksternal, dan sekaligus mematikan kemampuan dari aplikasi (secara umum) untuk melakukan manipulasi file pada memori eksternal .

Efek samping yang pasti adalah makin menumpuk dan membengkaknya data dan file pada internal memori. Dan seperti yang saya sudah sebutkan diatas, HP akan melambat bahkan kadang lumpuh total. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah memindahkan file secara manual dari memori internal ke memori eksternal dengan menggunakan aplikasi file manager bawaan Android.

Secara "default" setiap Android dilengkapi dengan aplikasi file manager yang fungsinya adalah untuk melakukan manipulasi file pada memori. Selain untuk melakukan manipulasi file pada memori, file manager juga dapat digunakan untuk membantu user memonitor perubahan folder ataupun file pada memori.


Biasakan Memantau Perubahan Folder Saat Sebelum Dan Sesudah Meng-Install Aplikasi

Sebelum menginstal aplikasi buka dulu file manager, lihat (kalau perlu dicatat) folder-folder yang ada di memori internal (biasanya disebutkan sebagai "phone storage" /"phone memori" /"internal storage" /"internal memory") sebelum aplikasi di-install.

Setelah aplikasi di-instal lihat lagi ada tambahan folder apa saja? Nah catatlah folder tersebut sebagai folder aplikasi. Misalnya folder bernama: Whatsapp, PhotoEditor, Camera360, UCDownloads, dan lain sebagainya.

Nah .. bila anda sudah terbiasa melakukan pencatatan terhadap "folder aplikasi" akan sangat membantu saat nanti anda perlu melakukan pemindahan file dari memori internal ke memori eksternal.
Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memindahkan file (memori internal ke memori eksternal):

1. Blok folder-folder berikut ini, dengan cara hold (menahan agak lama penekanan jari ke folder):
- backups
- DCIM
- documents
- download
- Movies
- Music
- Pictures
- Screenshot

Plus semua folder aplikasi, misalnya:
- Whatsapp
- Camera360
- UCDownload

dan lain sebagainya (tidak sama pada setiap HP, tergantung pada banyaknya aplikasi yang di-install)


2. Klik tombol CUT
3. Browse dan pindah ke lokasi memori eksternal (biasanya disebut sebagai "external storage" /"external memory").
4. Klik tombol PASTE.

SELESAI

Bila ke-4 langkah diatas anda lakukan dengan benar maka HP akan melakukan perpindahan file dari memori internal ke memori eksternal.
Bila anda melakukan perpindahan yang berikutnya, pada HP tertentu kadang muncul dialog "the folder exist, overwrite? (Y/N)" jawab dengan YES, untuk memastikan HP memperbolehkan folder lama ditumpuk dengan folder baru.

Dengan cara ini anda akan membebaskan ruang memori yang cukup besar pada memori internal, dan HP akan dapat kembali bekerja secara optimal. Bila sebelumnya HP kehilangan kemampuannya untuk menyimpan foto, mendowload foto /gambar, apalagi video, maka sekarang kemampuan tersebut pulih kembali, dan HP bekerja dengan lebih cepat.

Pada beberapa HP tertentu File Manager-nya tidak dapat melakukan blok pada beberapa folder sekaligus, maka user harus melakukan ke-4 langkah diatas pada satu persatu folder sampai semua folder terpindahkan.

Ada juga aplikasi tertentu yang setelah folder-nya dipindahkan menjadi tidak berfungsi, maka anda tinggal menginstal ulang aplikasi tersebut, dan bila anda melakukan pemindahan file pada kesempatan berikutnya, pastikan folder dari aplikasi bersangkutan tidak ikut terpindahkan ke memori eksternal.

Selamat mencoba, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

4 comments to “Memindahkan Data Secara Manual Pada HP Android Untuk Membebaskan Memori Internal, Agar Smartphone Dapat Kembali Berfungsi Optimal”

شركة رش مبيدات بالخبر
شركة مكافحة حشرات بالخبر
شركة مكافحة النمل الابيض بالخبر
شركة مكافحة فئران وقوارض بالخبر
شركة مكافحة صراصير بالخبر
شركة مكافحة البق بالخبر

azez said...
on 

Jual obat aborsi cytotec misoprostol pfizer asli Cara menggugurkan kandungan dengan obat penggugur kandungan ini telah memberi tingkat keberhasilan 100% . info pemesanan no Hp : 0853 8592 4499.
Jual obat aborsi malang, Jogja, yogyakarta,Semarang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Bekasi, Batam, Palembang dan Makassar. Jual obat aborsi bandung, Jual obat aborsi batam, Jual obat aborsi makassar.

Jual obat aborsi malang, Jual obat aborsi palembang, Jual obat aborsi semarang.

Jual obat aborsi jakarta, Jual obat aborsi bekasi, Jual obat aborsi surabaya.

Dr. Lina said...
on 

Jual obat aborsi bandung

Jual obat aborsi balikpapan

Jual obat aborsi denpasar bali

Jual obat aborsi palembang

Jual obat aborsi jakarta

Jual obat aborsi yogyakarta

Jual obat aborsi tangerang

Jual obat aborsi pekanbaru

Jual obat aborsi sidoarjo

Haniyatul Shoop said...
on 

Jual Obat Aborsi

Jual Obat Aborsi Jakarta

Jual Obat Aborsi Malang

Jual Obat Aborsi Semarang

Jual Obat Aborsi Surabaya

Jual Obat Aborsi Tangerang



Obat aborsi cytotec

Obat aborsi

Jual obat aborsi Cytotec Misoprostol

Jual obat aborsi semarang

Jual obat aborsi jakarta

Jual obat aborsi bandung

Jual obat aborsi tangerang

Jual obat aborsi yogyakarta

Jual obat aborsi manado

Jual obat aborsi denpasar bali

Jual obat aborsi batam

Jual obat aborsi makassar

Jual obat aborsi samarinda

Jual obat aborsi padang

Jual obat aborsi pontianak

Jual obat aborsi malang

Jual obat aborsi solo

Jual obat aborsi surabaya

Jual obat aborsi balikpapan

Jual obat aborsi jayapura

Jual obat aborsi banjarmasin

Jual obat aborsi pekanbaru

Jual obat aborsi medan

Jual obat aborsi


Subari Tejjo said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...