Monday, January 29, 2018

Inilah Yang Harus Anda Lakukan Bila Secara Mendadak (Sepeda) Motor Anda Mogok Ditengah Perjalanan, Dan Lokasi Anda Jauh Dari Bengkel

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 29 Jan 2018 | Banyak orang yang seringkali kurang memahami cara perawatan (sepeda) motor yang layak, sehingga performa motor menjadi tidak optimal saat dipakai. Masalah yang paling ditakuti oleh pengendara motor, terutama sekali para pengendara motor wanita, adalah apabila motor yang mereka kendarai tiba-tiba mogok ditengah perjalanan.

Meski tidak sedikit orang yang tahu persis apa yang harus dilakukan apabila motor mereka mendadak mogok, namun banyak yang tidak tahu harus mengerjakan apa apabila motor mendadak mogok dan lokasi mogok jauh dari bengkel motor.

Ikuti tips berikut ini untuk mengatasi permasalahan tersebut:
1. Pastikan anda memiliki peralatan ini:
- Kunci busi
- Tang cucut
- Obeng dua sisi (bisa jadi obeng plus, bisa jadi obeng minus)
- Cutter
- Binder clip (jepit kertas yang kuat)

2. Pastikan anda memiliki komponen cadangan ini:

- Busi
- Filter bensin

3. Periksa busi dan kabel jalur busi untuk memastikan pengapian berfungsi normal.


Gunakan kunci busi untuk melepaskan busi dari tempatnya. Tempelkan "body" busi ke sasis motor, starter motor, boleh dengan menekan engkol, boleh dengan menekan tombol starter.

Bila pengapian bagus, akan muncul percikan api pada "gap" (celah) busi. Bila percikan api tidak muncul, periksa kabel penghubung ke kepala busi. Bila koneksi kabel bagus namun percikan api belum juga muncul, maka ganti busi dengan yang baru.

Bila pengapian bagus, pasang lagi busi pada tempatnya.


4. Periksa filter /saringan bensin, untuk memastikan suplai bensin ke ruang bakar bersih.

Untuk keperluan ini anda membutuhkan "tang cucut", yaitu tang dengan ujung yang runcing, untuk membuka kancing pengunci selang penghubung. Bila kancing pengunci selang terlalu sulit dibuka, dan anda tidak ingin berlama-lama dengan upaya membuka kancing pengunci ini, gunakan cutter untuk memotong selang pada posisi jalur terdekat dengan filter, sehingga bagian yang terbuang hanya sedikit sekali.

Gunakan binder clip untuk menutup selang agar bensin tidak tumpah. Periksa apakah filter kotor atau bensin tercampur air? Bila filter kotor, ganti dengan yang baru. Bila bensin tercampur air, buang seluruh bensin yang tersisa didalam filter, dan bilas isi filter dengan bensin yang dikeluarkan dari selang.

Bila dipastikan filter bensin bagus, pasang kembali filter bensin tersebut pada tempatnya.


5. Untuk motor dengan suplai bensin masih menggunakan karburator, pastikan tangki penampung pada karburator bersih.

Untuk pembersihan instan, anda tidak perlu harus membongkar karburator. Cukup tutup jalur bensin menuju karburator, hal ini dapat dilakukan dengan mudah untuk motor dengan tangki depan yang biasanya dilengkapi dengan kran untuk menutup saluran bensin, putar kran pada posisi menutup. Untuk motor tanpa kran penutup, maka jepit saja selang bensin agar saluran tertutup.

Putar dengan obeng minus, saluran pembuangan bensin yang berada di bagian bawah tangki penampung pada karburator, biarkan bensin terbuang. Bila bensin yang terbuang ternyata kotor atau tercampur air, maka anda harus membilas tangki dengan menyalurkan bensin, menutup saluran, menguras tangki, berulang setidaknya 3x (tiga kali).

Tutup lagi lubang saluran pembuangan dengan obeng, pastikan bensin sudah tidak lagi keluar dari lubang saluran.
-----------------------------------

Setelah "inspeksi" singkat diatas coba kembali starter motor anda. Biasanya motor yang mogok mendadak bukan motor yang mengalami kerusakan mesin parah, sehingga langkah inspeksi diatas biasanya bisa mengatasi masalah dan motor dapat kembali start.

Bila anda mendapati mesin belum berfungsi normal setelah hidup, setidaknya anda tidak perlu menuntun motor anda menuju ke bengkel terdekat. Kendarai saja motor yang belum optimal tersebut ke bengkel terdekat untuk memeriksakan secara lebih detail kerusakan kendaraan anda.

Semoga tips diatas bermanfaat bagi para pembaca .. selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Inilah Yang Harus Anda Lakukan Bila Secara Mendadak (Sepeda) Motor Anda Mogok Ditengah Perjalanan, Dan Lokasi Anda Jauh Dari Bengkel”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...