Friday, November 10, 2017

Inilah “Jembatan Musa”, Jembatan Yang Tidak Berada Di Atas Permukaan Air, Namun Justru Memotong Jalur Air

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 10 Nov 2017 | Terinpirasi kisah nabi Musa yang dengan tongkat saktinya dan dengan izin Allah SWT dapat membelah lautan, jembatan Sunken Bridge yang berada di wilayah Halsteren, Belanda, ini dibangun dengan konstruksi yang berbeda dengan jembatan lain pada umumnya.

Dengan menggunakan konstruksi beton yang kokoh dan pondasi kuat yang ditanamkan didasar penghalang air berukuran besar yang mirip sebuah sungai, air ini bernama West Brabant Water Line. Penghalang air adalah parit kecil yang merupakan bagian dari konstruksi pertahanan yang biasanya dibuat mengelilingi sebuah benteng.

Konstruksi jembatan unik ini bukan hanya kuat namun juga indah, secara artistik ditambahkan kayu dari pohon Accoya, sejenis pohon dengan kontur yang mirip dengan kayu jati, yang dengan proses industri modern sudah dikeraskan dan diperkuat sedemikian rupa sehingga tahan air dan juga tahan serangan dari serangga atau hewan pengerat.

Berbeda dengan jembatan lain yang biasanya dibangun diatas permukaan air, jembatan Sunken Bridge ini secara sengaja dibangun menurun dan masuk kedalam air. Siapapun yang melintasi jembatan unik ini akan berjalan ditengah air, tanpa harus berbasah-basah tentunya. Dan menjadi populer dengan sebutan “Jembatan Musa” karena mengingatkan orang akan kisah Nabi Musa.

West Brabant Water Line dipilih karena aliran airnya yang tenang dan memiliki pemandangan tanaman air dan juga lingkungan diseputaran penghalang air yang indah dan asri. Perusahaan bernama Ro & AD Architects menjadi arsitek dari jembatan unik yang dibangun pada tahun 2010 tersebut. Karena desain uniknya jembatan ini menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi wilayah tersebut.

Gambar-gambar berikut ini memperlihatkan pemandangan dari Jembatan Musa ini, dan juga saat konstruksi jembatan ini mulai dibuat:








 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Inilah “Jembatan Musa”, Jembatan Yang Tidak Berada Di Atas Permukaan Air, Namun Justru Memotong Jalur Air”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...