Tuesday, October 3, 2017

Penting Untuk Diketahui .. Inilah 2 Penyebab Mendasar Yang Menyebabkan Handphone Bisa Meledak!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 3 Okt 2017 | Baru-baru ini, dan juga  untuk kesekian kalinya, saya mendapatkan forward message dari rekan di group dan juga membaca beberapa posting di media sosial terkait peristiwa terjadinya handphone yang meledak dan melukai pemiliknya.

Beberapa kerabat dan rekan yang kebetulan mengetahui bahwa saya adalah praktisi hardware (selain software), menanyakan kepada saya apakah memang sedemikian bahayanya handphone bagi penggunanya? Dan  apa yang menyebabkan handphone bisa sampai meledak?

Karena saya rasa hal ini penting juga untuk diketahui bagi para pembaca sekalian maka saya akan sharing disini jawaban atas pertanyaan tersebut. Dan saya coba berikan pembahasan yang mudah dicerna secara umum dan tidak terlalu teknis.



Yang pertama kali harus diketahui adalah bahwa, komponen HP (handphone) yang bisa meledak adalah BATERAI-nya!
Dan hal kedua yang perlu diketahui adalah apa penyebab meledaknya baterai HP? Jawaban singkatnya adalah:
  1. Overheat
  2. Short circuit

Mari kita bahas lebih detail mengenai kedua penyebab kerusakan tersebut:

1. Overheat
Overheat adalah panas yang berlebihan, kondisi panas berlebihan ini disebabkan oleh 3 hal yaitu:
  • Lubang ventilasi yang merupakan penyaluran keluarnya udara panas dari komponen didalam HP tersumbat.
  • Plat pendingin (heatsink) didalam HP kendor (tidak terpasang rapat dengan komponen yang panas).
  • Overcharge (pengisian yang berlebihan), biasanya hal ini disebabkan oleh komponen pada bagian power supply (catu daya) mengalami kerusakan, sehingga pengisian tidak berhenti meski baterai sudah terisi penuh. Bila bagian power supply dalam keadaan baik, arus pengisian akan otomatis terhenti bila baterai HP sudah terisi penuh.

2. Short circuit
Short circuit atau hubungan arus pendek, atau secara umum masyarakat Indonesia mungkin lebih mengenalnya dengan kata “korsleting” atau dalam bahasa yang lebih keseharian dikenal dengan sebutan “koslet”, adalah kondisi dimana kutub (+) dan kutub (-) dari sumber daya (dalam hal ini adalah baterai) terhubung langsung, atau terhubung dengan komponen atau material yang menyalurkan arus terlalu besar dari kedua kutub tersebut.

Ada 2 penyebab terjadinya short circuit yaitu:
  • Kerusakan fisik karena benturan atau tercebut kedalam cairan yang merusakkan sambungan baterai, atau menyebabkan baterai tidak terpasang dengan benar pada HP, sehingga tanpa sengaja kutub (+) dan kutub (-) bersinggungan.
  • Kerusakan elektrikal, yaitu karena kerusakan komponen dalam, terutama bagian catu daya, yang menyebabkan terjadinya koneksi yang setara dengan short circuit.
----------------------
Cara Mencegahnya:

Jadi setelah kita mengatahui penyebab dari meledaknya baterai HP, jelas sudah yang harus kita hindari adalah jangan sampai terjadi overheat ataupun short circuit.
Berikut ini tindakan pencegahannya:
  1. Hentikan proses charging (pengisian baterai) bila HP panas. Coba ulangi proses charging bila HP sudah dingin.
  2. Keluarkan HP dari tempat yang kurang baik bagi ventilasi HP seperti tas atau saku, saat HP panas.
  3. Bila setiap kali charge HP selalu panas, coba periksakan kondisi HP ke service centre terdekat, untuk mengetahui bilamana terjadi kerusakan, terutama pada bagian power supply-nya.
  4. Bila setelah terjatuh, terbentur atau tercemplung kedalam cairan HP kemudian menjadi mudah panas, sebaiknya periksakan HP ke service centre terdekat.


Menyimpan HP Di Saku Atau Di Tas Apakah Aman?

Jawabnya tidak sama untuk setiap HP, dan tidak sama untuk setiap saku /tas. Model lubang ventilasi dari setiap tipe HP senantiasa berbeda, demikian pula kondisi saku ataupun tas juga tidak sama sirkulasi udaranya.
Intinya selama saat disimpan di dalam saku atau di dalam tas, HP yang bersangkutan tidak menjadi panas, berarti AMAN.

Sebaliknya bila saat disimpan di dalam saku atau didalam tas, HP yang bersangkutan menjadi panas, berarti BAHAYA.  Maka segera keluarkan HP dan cari tempat penyimpanan dengan ruang sirkulasi udara yang lebih baik.
Jadi selama kita menangani HP dengan cara yang benar, maka HP akan senantiasa aman untuk dipergunakan.

Demikian artikel singkat mengenai penyebab meledaknya HP dan cara penangan HP yang aman, semoga artikel ini berguna bagi para pembaca sekalian, bagikan informasi ini kepada kerabat dan teman tercinta anda demi keselamatan bersama.

Akhir kata .. selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Penting Untuk Diketahui .. Inilah 2 Penyebab Mendasar Yang Menyebabkan Handphone Bisa Meledak!”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...