Friday, May 26, 2017

Membersihkan PC Dengan Aplikasi CCleaner

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 26 Mei 2017 | Setelah pemakaian komputer selama beberapa bulan, biasanya komputer makin melambat karena banyaknya file yang di-install kedalam hard disknya dan juga makin menimbunnya file-file sampah yang merupakan sisa dari file temporer hasil olahan yang tidak terhapus, atau sisa aplikasi yang sudah di-uninstall tapi tidak semuanya bersih terhapus dari hard disk PC.

CCleaner adalah salah satu aplikasi buatan Piriform, diciptakan untuk membantu user menghapus file-file sampah yang masih ada didalam hard disk, agar tidak membebani sistem operasi (OS). Aplikasi ini bisa di-download secara gratis di: http://www.piriform.com/

Pada web resmi Piriform tersebut user bisa memilih versi aplikasi yang harus di-install di OS dan juga versi portable yang tidak perlu di-install. Untuk kemudahan saya menyarankan download saja yang versi portable, karena ukuran total filenya lebih kecil dan kalau disimpan di USB flashdisk akan praktis untuk dibawa-bawa berpindah-pindah komputer tanpa repot-repot meng-install.

Penggunaan CCleaner ini juga sangat mudah, begitu dijalankan akan muncul sebuah window dengan dua tombol besar dibawahnya, yaitu tombol: "Analyze" dan "Run Cleaner". Pertama-tama tekan dulu tombol Analyze, agar aplikasi melakukan analisa, file-file apa saja yang bisa dihapus tanpa mengganggu kestabilan sistem.

Pada window yang masih terbuka kemudian akan ditampilkan deretan file-file yang bisa dihapus. User masih diperkenankan memilih file-file yang tidak ingin dihapus dengan menghilangkan tanda contreng yang ada disamping daftar file. Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Run Cleaner.

Aplikasi akan melanjutkan pekerjaan dengan menghapus semua file-file sampah yang tidak diperlukan tersebut. Setelah itu selain ruang penyimpanan menjadi bertambah lega, komputer akan beroperasi dengan lebih lancar dan cepat. Selamat mencoba :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Membersihkan PC Dengan Aplikasi CCleaner”


Post a Comment