Tuesday, May 9, 2017

Kaktus Raksasa Saguaro, Mampu Hidup Hingga 200 Tahun

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 9 Mei 2017 | Diwilayah Amerika bagian Barat ditengah hamparan padang pasir dan kadangkala tumbuh diantara bebatuan karang terdapat kaktus raksasa yang dapat tumbuh hingga mencapai belasan meter. Tumbuhan dengan nama latin “Carnegiea Gigantean”  (nama latin yang diambil dari nama pendiri Saguaro National Park, Andrew Carnegie) ini merupakan tumbuhan ikon dari Amerika Barat.

Banyak didapati di wilayah perbukitan batu di Arizona, gurun Sonora yang berada di wilayah Meksiko, dan juga sebagian wilayah California. Kaktus Saguaro juga memiliki bunga berwarna putih krem, yang indah yang biasanya tumbuh dan bermekaran pada kisaran bulan April hingga Juni. Kaktus Saguaro juga memiliki buah berwarna merah.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Buah dan bunga kaktus ini menjadi makanan yang digemari lebah, kelelawar, dan burung-burung kecil yang hidup diseputar wilayah gurun. Sehingga keberadaan Kaktus Saguaro ini merupakan komponen penting bagi pemeliharaan ekosistem disana.

Penduduk lokal juga menjadikan buah ini sebagai salah satu alternatif makanan, rasa manis yang terkandung pada buah kaktus ini membuat buah kaktus ini juga nikmat untuk dijadikan minuman segar. Buah kaktus biasanya tumbuh diketinggian 3 hingga 8 meter, sehingga sulit untuk dijangkau tanpa bantuan tangga.

Kaktus Saguaro merupakan tumbuhan yang bersejarah karena usianya dapat mencapai 200 tahun. Tinggi pohon dapat mencapai lebih dari 20 meter, dengan bentuk yang unik, kadang menyerupai kipas kadang menyerupai telapak tangan, kadang mirip seperti tombak trisula, dan kadang berjejer rapi seperti deretan pipa.

Karena pertumbuhannya lambat, maka negara bagian Arizona menetapkan Kaktus Saguaro sebagai tanaman yang dilindungi, untuk mencegah kaktus ini dari kepunahan.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Kaktus Raksasa Saguaro, Mampu Hidup Hingga 200 Tahun”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...