Saturday, May 27, 2017

6 Sisi Plus Dan 6 Sisi Minus Netbook Tablet

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 27 Mei 2017 | Saat ini sudah banyak beredar netbook tablet, artinya netbook dengan layar yang bisa dipisahkan dengan bagian keyboardnya sehingga bagian layar yang terpisah tersebut dapat berfungsi sebagai tablet. Produk semacam ini diciptakan untuk memenuhi keinginan konsumen mobile yang senang bekerja dengan tablet, karena konstruksinya yang praktis dan hemat tempat, namun sesekali masih perlu bekerja dengan PC.

Berikut ini adalah daftar nilai plus dan minus dari netbook tablet, semoga membantu  para user yang berpikir untuk membeli netbook tablet, sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk membeli:

Sisi PLUS:
1. Ukuran mini dan ringkas sehingga lebih nyaman saat dibawa untuk bekerja secara "mobile" (sering berpindah-pindah).
2. Resolusi tinggi. Biasanya netbook tablet memiliki resolusi yang lebih bagus dibandingkan dengan netbook biasa dengan ukuran layar yang sama.
3. Layar sentuh. Setiap netbook tablet sudah dipastikan memiliki layar "touchscreen" (layar yang dapat bekerja dengan sentuhan jari). Hal ini untuk menopang agar semua fungsi dapat dimanfaatkan saat layar dipisahkan dari keyboardnya.
4. Kamera dobel. Setiap netbook tablet biasanya dilengkapi dengan kamera dibagian depan dan juga kamera dibagian belakang layar, mirip seperti tablet biasa.
5. Slot SDCard yang menyatu dengan bagian layar.
6. Layar yang dapat dilepas memudahkan untuk menunjukkan tampilan layar kepada orang lain. Hal ini sangat membantu saat menunjukkan sebuah presentasi ditempat umum misalnya dimana tidak tersedia proyektor.


Sisi MINUS:
1. SSD (Solid State Drive) bawaan yang kecil, biasanya hanya berkisar 50GB atau bahkan kurang, contohnya netbook tablet yang saya beli hanya memiliki SSD sebesar 22GB saja. Kecilnya ukuran SSD ini tentunya membuat user yang terbilang awam, akan menemui kesulitan untuk menginstal banyak aplikasi, karena ruang SSD akan penuh setelah beberapa aplikasi diinstal.

User yang berpengalaman akan dengan mudah menyiasati hal ini dengan mengatur agar instalasi dilakukan di drive yang lain sehingga SSD tidak cepat penuh. Sehingga bisa dikatakan netbook bukanlah pilihan yang cocok untuk pengguna awam yang kebetulan juga senang menginstal banyak aplikasi.

2. Koneksi dengan HDD (Hard Disk Drive) seringkali tidak berlangsung sempurna. HDD pada netbook tablet biasanya posisinya menyatu dengan bagian keyboardnya, sehingga tidak ikut terbawa pada saat layar dilepas. HDD adalah komponen yang membutuhkan sumber daya listrik yang besar, tentu akan banyak memboroskan pemakaian listrik saat layar dilepas, dan netbook sedang difungsikan sebagai tablet.

Ukuran HDD yang besar juga menjadi salah satu pertimbangan para produsen untuk tidak menempatkan HDD pada sisi layar. HDD juga menghasilkan panas yang akan mengganggu kestabilan kinerja netbook tablet.

3. Terkait dengan point (1) diatas, berarti aplikasi ukuran besar tidak dapat terbawa saat layar dilepas (difungsikan sebagai tablet).

4. USB port hanya 1 (satu) saja. Untuk menghemat ruang biasanya netbook tablet hanya dilengkapi dengan sebuah USB port saja.

5. Kualitas kamera rendah. Untuk menekan harga jual biasanya netbook tablet tidak dilengkapi dengan kamera berkualitas. Kamera yang dipasang biasanya hanyalah sekelas VGA saja, yang resolusinya dibawah 1 mega pixel.

6. Mudah terguling. Dengan semua bagian utama, seperti keyboard, prosesor, DDR, power supply unit, dan lain sebagainya berada satu posisi dengan bagian layar maka bagian layar menjadi lebih berat dari bagian keyboard, tentunya hal ini menyebabkan netbook tablet menjadi mudah terguling kebelakang saat didudukkan menjadi satu dengan keyboard.

Saya mengalami beberapa kali netbook tablet saya terguling kebelakang pada saat saya gunakan bekerja di pangkuan saya. Permukaan tidak datar dan juga dinamis (sering bergerak) saat netbook tablet dipangku memudahkan netbook laptop terguling saat dipergunakan. Hal semacam ini tidak terjadi saat bekerja secara "mobile" dengan netbook biasa.

------------------------------

Demikianlah daftar mengenai sisi plus dan minus dari netbook tablet. Sebagai catatan tambahan dari saya adalah, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh netbook tablet ini, saya masih memilih netbook tablet sebagai sarana untuk bekerja mobile, dibandingkan menggunakan netbook biasa.

Nah para pembaca sekalian .. silakan anda putuskan apakah netbook tablet memang layak atau tidak untuk anda miliki. Selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “6 Sisi Plus Dan 6 Sisi Minus Netbook Tablet”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...