Thursday, May 4, 2017

5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 4 Mei 2017 | Sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba, dan bagi para umat muslim berarti tiba saat dimana mereka harus melaksanakan kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh. Ada sebagian umat muslim yang menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan hati gembira, dan ada pula sebagian lainnya yang menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan hati was-was, karena kewajiban berpuasa yang dirasakan lebih berat dibandingkan kewajiban lainnya.

Padahal puasa selain sebagai ladang amal, juga adalah salah satu sarana untuk meningkatkan taraf kesehatan. Mereka yang tidak menyukai puasa mungkin hanya menganggap segala saran berpuasa untuk kesehatan hanyalah sebagai upaya untuk mengajak orang-orang tidak enggan melaksanakan ibadah puasa. Sehingga ada semacam penyemangat atau dorongan tambahan untuk menjalankan puasa.

Jujur saja berpuluh tahun yang lalu saya juga termasuk orang yang berpikiran bahwa saran berpuasa untuk kesehatan hanyalah upaya untuk membujuk orang agar tidak enggan berpuasa, namun sekarang tidak lagi! Karena saat ini setiap hari saya praktis sudah melaksanakan puasa, dan sudah saya lakukan sejak bertahun-tahun, sebagai bagian dari upaya saya untuk mempertahankan kesehatan tubuh saya.

Meski hanya pada hari Senin dan Kamis saya melakukan puasa secara penuh, tidak makan dan minum sejak subuh hingga datangnya maghrib. Namun pada hari-hari yang lain saya juga membiasakan hanya makan sekali dalam sehari, sehingga meski tidak berpuasa secara penuh namun hanya minum saja sejak pagi hingga malam. Dan manfaatnya sudah saya rasakan, yakni tubuh lebih sehat dan kuat.

Berikut ini adalah manfaat dari berpuasa:
1. Menjaga Berat Tubuh Ideal
Tanpa penjelasan panjang, jelaslah sudah bahwa dengan mengurangi asupan makanan maka orang akan terhindar dari obesitas (kegemukan).

2. Berkurangnya Kadar Lemak Dalam Tubuh
Dengan menurunnya asupan kalori, untuk membangun energi tubuh akan membakar cadangan lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga secara otomatis tubuh tidak akan memiliki timbunan lemak. Penurunan timbunan lemak dalam tubuh akan membuat level kolesterol buruk didalam darah membaik, demikian pula dengan level trigliserida dalam darah.

Dengan membaiknya kadar lemak dalam darah maka kandungan lemak dalam saluran darah dan syaraf akan terkikis dan kinerja jantung akan menjadi semakin meningkat, dan tentunya hasil akhirnya adalah taraf kesehatan yang semakin baik.

3. Makin Murah Menjaga Kesehatan
Dengan semakin sedikitnya kebutuhan tubuh akan asupan makanan, berarti otomatis semakin sedikit pula biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli makanan. Hidup menjadi irit dan hemat, anggaran untuk membeli makanan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang juga penting.

4. Makin Mudah Menjaga Kesehatan
Selain makin murah, juga semakin mudah dalam menjaga kesehatan. Dulu sebelum menerapkan kebiasaan berpuasa, untuk mendapatkan otot-otot tubuh yang cukup kekar saya harus melakukan latihan harian dengan repetisi yang cukup banyak. Sebagai contohnya, untuk push-up saja saya harus melakukannya 100 kali, dan untuk sit-up saya harus melakukannya sampai 250 kali, belum lagi gerakan-gerakan latihan lainnya yang juga harus diulang dalam jumlah repetisi yang banyak.

Sekarang ini saya cukup melakukan gerakan-gerakan dalam repetisi kecil saja untuk mendapatkan otot tubuh yang terbiang cukup untuk terlihat kekar, pinggang ramping, dan perut sixpacks. Sebagai contoh, untuk push-up saya cukup lakukan 50 kali saja, sedangkan untuk sit-up saya cukup lakukan 60 kali saja.

Gerakan lainnya hanya saya lakukan dengan repetisi 11 kali atau maksimal 25 kali saja. Semakin mudah bukan? Mudah dan hemat waktu, karena dengan latihan ringan ini cukup 15 menit saja waktu latihan yang saya butuhkan, dimana sebelumnya saya membutuhkan waktu sampai 2 jam untuk latihan dengan target yang sama.

5. Kualitas Kesehatan Lahir Dan Batin Meningkat
Selain tubuh menjadi lebih sehat dan kuat, secara batiniah, keinginan-keinginan untuk melakukan kesalahan secara sengaja juga menurun, dan keinginan-keinginan untuk memboroskan uang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat juga menurun. Sehingga dengan demikian bisa dikatakan secara lahir maupun batin kualitas kesehatan meningkat.

Dan hanya setelah terbiasa berpuasa saya benar-benar secara lahir dan batin, secara lisan maupun pikiran, saya benar-benar gembira menyambut datangnya bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan puasa sudah menjadi kebiasaan, sehingga datangnya saat dimana saya wajib berpuasa, juga adalah hal yang biasa.

Namun saya menjadi gembira karena hanya disaat Ramadhan, saya tidak berpuasa sendirian. Hanya disaat Ramadhan jumlah orang-orang yang merokok seenaknya menjadi berkurang secara drastis, kapasitas udara bersih terasa meningkat, hidup menjadi lebih sehat. Bagi saya bulan Ramadhan benar-benar merupakan bulan yang sangat berarti, diluar manfaat dari sisi agama.

Demikian sedikit tulisan ringan dari saya mengenai manfaat dari berpuasa yang saya jalani dan rasakan sendiri, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...