Wednesday, May 31, 2017

4 Langkah Menghindari Virus Lewat Pengenalan Ekstensi File

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 31 Mei 2015 | Perkembangan virus komputer memang tidak akan pernah berhenti, setiap kali sebuah antivirus diciptakan, tidak akan lama kemudian akan disusul muncul lagi virus yang lebih baru lagi yang kebal terhadap antivirus yang sudah ada. Dalam artikel saya sebelumnya yang juga membahas tentang virus, sudah saya jelaskan bahwa dalam perlombaan antara virus VS antivirus, akan senantiasa virus berada selangkah didepan, karena membuat perusak pasti lebih mudah daripada membuat sesuatu untuk memperbaiki.

Terkait dengan hal tersebut maka setiap user seharusnya tidak boleh sepenuhnya mengandalkan antivirus dalam menjaga keamanan sistemnya. Selain karena antivirus bisa saja memang terlambat satu langkah dibanding antivirus, ada hal lain lagi yang juga membuat virus bisa masuk ke dalam sistem, yaitu dengan memanfaatkan otorisasi dari sang user sendiri.

Seringkali saat sebuah file dijalankan atau di-copy kedalam HDD (hard disk drive), antivirus menanyakan apakah file ini diperbolehkan untuk dijalankan atau di-copy-kan. Nah .. apabila kemudian respon dari user adalah mengizinkan file tersebut dijalankan atau di-copy, maka masuklah sudah virus kedalam sistem.

Untuk itu salah satu hal yang paling penting untuk mewaspadai keberadaan virus adalah dengan memperhatikan dengan seksama ekstensi (extension) dari setiap file, baik yang akan dijalankan ataupun yang akan di-copy kedalam HDD. Berikut ini adalah hal yang harus anda lakukan:

1.    Pelajari dengan baik, ekstensi dari setiap file. Misalnya file MS Word berekstensi .DOC atau DOCX, file MS Excel berekstensi .XLS atau XLSX, file obyek 3D berekstensi .DWG atau .STL, dan seterusnya. Kemudian ketahui juga bahwa untuk folder tidak memiliki ekstensi.
2.    Buat agar setiap folder menampilkan setiap file yang tersembunyi dan menampilkan juga ekstensi dari setiap file yang ada didalamnya. Masuk ke dalam Control Panel > Folder Options > (tab) View > Pilih radio button “Show hidden files and folders”, hilangkan contreng pada: “Hide extension for know file types”.
3.    Perhatikan apakah ada file yang tidak sesuai antara icon dengan ekstensinya, misalnya file dengan icon MS WORD (berbentuk inisial huruf W), tetapi ekstensinya ternyata .EXE. Bila ada berarti file tersebut adalah virus yang menyamar sebagai file MS Word.
4.    Perhatikan juga apakah ada file dengan ekstensi yang tidak lazim pada folder dokumen anda, misalnya .EXE, .VBS, .DLL, dan lain sebagainya, yang bukan merupakan ekstensi normal dari file hasil kerja anda. Bila ada berarti file tersebut adalah virus.

Bila anda mengetahui adanya virus didalam sistem anda atau virus didalam media penyimpanan yang isinya akan anda copy maka batalkan pekerjaan meng-copy atau membuka file tersebut agar penularan virus tidak berlanjut.
Artikel kali ini tidak membahas teknik penghapusan virusnya, karena sudah beberapa kali saya bahas di artikel saya yang lainnya, tetapi lebih menitik beratkan pada cara PENCEGAHAN, agar virus tidak sampai menulari sistem anda.

Saat anda untuk lebih berhati-hati agar tidak repot dikemudian hari. Selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “4 Langkah Menghindari Virus Lewat Pengenalan Ekstensi File”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...