Friday, April 7, 2017

Pedoman 4 P Untuk Perencanaan Usaha

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 7 Apr 2017 |  Dalam membuat sebuah rencana usaha tentu ada hal-hal mendasar yang harus anda tuangkan kedalam rencana yang akan anda buat, sehingga pada saat realisasi segalanya menjadi lebih jelas dan terukur. Hal ini juga akan membantu dan memudahkan bagi setiap individu yang terlibat didalam rencana usaha tersebut.

Pada artikel berikut ini saya bagikan sedikit tips bagi anda yang sedang menyusun rencana usaha. Untuk membantu penyusunan rencana usaha, anda bisa menggunakan pedoman yang bisa disebut dengan “4P”, yang merupakan singkatan dari: Price, Product, Place, Promotion.

Berikut ini adalah ulasan untuk ke 4 point dari 4P:

1. Price (Harga):
Menentukan harga jual adalah hal yang paling penting dalam sebuah rencana usaha. Pertimbangkan baik-baik berapa harga yang anda akan luncurkan di pasar. Harga yang tepat akan membuat anda mampu bersaing dengan kompetitor anda di pasar. Harga yang tepat belum tentu adalah harga yang termurah, anda harus menyesuakan antara fitur dan fasilitas dari produk anda dengan harga yang anda patok.

Pastikan anda mendapatkan laba yang cukup pantas pada saat anda menentukan harga dari setiap produk anda. Usaha yang anda bangun haruslah menghasilkan keuntungan, oleh karenanya perhitungkan dengan baik modal dasar dan biaya untuk menghasilkan setiap produk.

2. Product (Produk)
Tentukan produk yang cocok dan sesuai untuk setiap wilayah dimana anda melakukan usaha. Misalkan anda membuka usaha di wilayah pedesaan tentu tidak pada tempatnya apabila anda membuka showroom mobil sedan mewah, atau sebaliknya bila anda membuka usaha di tengah kota tentu tidak cocok apabila anda membuka jasa penggilingan padi.

Pilih produk yang memang diminati oleh calon konsumen yang berada di wilayah anda membuka usaha atau wilayah anda memasarkan produk. Perhatikan perbedaan antara wilayah membuka usaha dengan wilayah memasarkan produk, kedua hal ini tidaklah harus selalu sama. Misalnya anda membuka usaha sayuran hidroponik, yang berlokasi di pegunungan, bisa saja pemasarannya anda lakukan di supermarket-supermarket besar di tengah perkotaan bukan?

3. Place (Tempat Usaha):
Pilih tempat usaha yang mampu menunjang perkembangan bisnis anda. Bagi anda yang memiliki usaha yang tidak tergantung kepada lokasi, maka bisa jadi pemilihan tempat usaha hanya didasarkan pada aspek kenyamanan bekerja dan kedekatan lokasi usaha dengan tempat tinggal, jarak yang lebih terjangkau tentu akan memudahkan dan menyamankan aktifitas bekerja anda.

Namun bagi anda yang memiliki usaha yang tergantung pada lokasi, seperti misalnya sekolah, restoran, mal, showroom, bengkel, dan masih banyak lagi yang lainnya, tentu pemilihan lokasi ini harus benar-benar selektif dan dipastikan mampu mendongkrak angka penjualan. Sebagian besar usaha memang masih termasuk jenis ini, yaitu jenis usaha yang keberhasilannya ditentukan oleh lokasi usaha.

Bila jenis usaha anda adalah usaha yang menghasilkan polusi, entah itu polusi suara (kebisingan), polusi udara (asap, debu, dan lain sebagainya), polusi kimia, dan jenis polusi lainnya, maka pastikan bahwa lokasi yang anda rencanakan untuk anda pilih, adalah lokasi yang bersedia menerima jenis usaha yang anda bangun. Pastikan fasilitas pengolah polusi atau limbah anda masukkan kedalam rencana kerja anda.

4. Promotion (Promosi Usaha):
Pilih sarana promosi usaha yang efektif untuk meningkatkan penjualan anda. Persiapkan hal-hal yang terkait dengan kebutuhan promosi. Seperti logo yang menarik dan unik, website yang mempermudah calon konsument untuk mengetahui lebih banyak tentan usaha anda maupun jenis barang yang anda pasarkan, dan hal-hal lainnya.

Kemudian pilih media promosi yang juga sesuai dengan budget dan jangkauan dari calon konsumen anda. Anda bisa memilih: koran, TV, Video, radio, milis (mailing list), penyebaran brosur, penempelan poster, pemasangan spanduk, dan lain sebagainya, yang penting harus anda ingat bahwa pesan promosi anda haruslah sampai ke konsument anda, tidak ada gunanya membuat promosi yang hanya sampai ke orang-orang yang bukan calon konsumen anda.

Demikianlah sedikit share ringan dari saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca untuk mempermudah penyusunan rencana usaha anda .. selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Pedoman 4 P Untuk Perencanaan Usaha”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...