Thursday, April 6, 2017

Mengaktifkan IIS (Internet Information Server) Di OS Windows

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 6 Apr 2017 | IIS atau Internet Information Services atau Internet Information Server adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows.

Jadi apabila user ingin menjalankan aplikasi berbasis web pada komputernya maka tentu file-file dari aplikasi tersebut diinginkan bisa diakses oleh komputer lain yang terkoneksi dengan komputer dimana aplikasi berada, maka penempatan file-file tersebut adalah di web server, dan untuk mengaktifkan fasilitas web server maka user harus mengaktifkan IIS.

IIS disediakan secara gratis oleh Microsoft sebagai bagian dari OS mereka, meski untuk Windows 98 atau versi yang lebih lama, user harus menginstal PWS (Personal Web Server), namun tetap gratis, dan file untuk melakukan “setup” sudah tersedia dalam folder terpisah namun menyatu dengan CD instalasi OS Windows yang bersangkutan. Untuk Windows XP atau versi yang lebih baru, IIS sudah terintegrasi didalam OS namun secara “default” (setelan awal) memang belum diaktifkan.

Sedangkan untuk Windows NT4.0 IIS tersedia dalam Option Pack yang dapat di-download secara gratis dari website resmi Microsoft (www.microsoft.com).

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan IIS di Windows XP atau versi Windows yang lebih baru (Windows 7/8/10):

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Masuk ke Add/Remove Programs, atau pada OS Windows 7/8/10 adalah Programs and Features
  3. Add/Remove Windows Component atau pada OS  Windows 7/8/10 adalah Turn Windows Features On or Off
  4. Contreng Check Box Internet Information Services
  5. Bila anda menginginkan pengaktifan seluruh komponen IIS maka anda harus masuk kedalam details dari IIS tersebut dan contreng semua komponen yang ada didalam kelompok IIS tersebut.
  6. Klik OK

Selesai! Sekarang anda bisa memanfaatkan ruang penyimpanan di IIS untuk file-file aplikasi berbasis web anda. Secara ”default” lokasi folder untuk menyimpan file berada di: C:\Inetpub\wwwroot\
Pengaktifan IIS ini juga membuat komponen-komponen yang terkait dengan Internet Services juga bisa digunakan seperti instruksi-instruksi ASP misalnya.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Mengaktifkan IIS (Internet Information Server) Di OS Windows”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...